Sukses

Prediksi Kalteng Putra Vs Persija: Tutup Musim dengan Manis

Kalteng Putra menjamu Persija Jakarta dalam laga pamungkas Shopee Liga 1 2019 di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Sabtu (21/12/2019).

Palangkaraya - Kalteng Putra menjamu Persija Jakarta dalam laga pekan penutup Shopee Liga 1 2019 di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Sabtu (21/12/2019). Kedua tim sudah sama-sama memastikan nasibnya, Persija bertahan di Liga 1, sementara Kalteng Putra sudah dipastikan terdegradasi ke Liga 2. Satu hal yang membuat kedua tim memiliki kesamaan, yaitu tekad meraih hasil maksimal di laga penutup musim.

Persija Jakarta saat ini berada di peringkat ke-13 dalam klasemen sementara Liga 1 2019 dengan 41 poin dari 33 laga. Macan Kemayoran sudah dipastikan bertahan di Liga 1 musim depan.

Namun, beda nasib dengan tim tuan rumah, Kalteng Putra. Tim berjulukan Isen Mulang itu berada di dasar klasemen. Kalaupun berhasil meraih kemenangan atas Persija, tim asuhan Gomes de Oliveira itu maksimal hanya bisa menempati peringkat ke-16 atau posisi teratas di zona degradasi.

Tak lagi bisa menyelamatkan diri untuk bertahan di Liga 1, Kalteng Putra tetap memiliki motivasi saat menghadapi Persija. Gomes de Oliveira memastikan para pemainnya akan memberikan penampilan terbaik dalam laga terakhir itu demi para penggemarnya, apalagi Kalteng Putra tak berhasil meraih satu kemenangan pun dalam empat laga terakhirnya.

Selain itu, para pemain yang memang sudah pasrah dengan nasib yang mereka alami, tampaknya juga sudah bisa menatap laga kontra Persija  tanpa beban. Bahkan dalam persiapan pun para pemain Kalteng Putra bisa menjalaninya dengan enjoy.

"Kami sudah siap bermain menghadapi Persija pada pertandingan terakhir. Kami berharap bisa memberikan yang terbaik untuk para suporter dan masyarakat Kalimantan Tengah," ujar Gomes de Oliveira.

Sayangnya, Kalteng Putra menutup musim ini tanpa sejumlah pemain kunci. I Gede Sukadana, Ferinando Pahabol, Rafael Bonfim, dan sang kiper, Reki Rahayu, harus absen dalam pertandingan kontra Persija Jakarta. Namun, Gomes tetap yakin para pemain yang akan tampil bakal tetap bermain maksimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persija Hanya Ingin Bermain Bagus

Serupa tapi tak sama dengan Kalteng Putra, Persija Jakarta pun menjalani laga terakhir musim ini dengan tanpa beban. Persija sudah tak perlu memastikan apa pun karena sudah dipastikan aman dan bakal berlaga lagi di Liga 1 musim depan.

Namun, Persija datang ke Palangkaraya tetap dengan membawa target. Macan Kemayoran ingin mengakhiri musim ini lewat kemenangan.

"Ini adalah pertandingan terakhir musim ini. Kalteng Putra sudah pasti terdegradasi dan kami sudah dipastikan aman. Jadi saya hanya berharap bisa melihat pertandingan yang bagus dan Persija menyelesaikan musim ini dengan hasil yang bagus," ujar pelatih Persija, Edson Tavares.

"Setiap tim, setiap pelatih, tentu ingin kemenangan. Tentu kehadiran kami di sini tak ingin kalah. Kami juga memberikan kesempatan kepada semua pemain, di mana Persija memiliki 25 pemain dan semua memiliki kesempatan untuk tampil dalam pertandingan ini," lanjutnya.

Pelatih asal Brasil itu juga menekankan Persija akan bermain tanpa beban. Meski ingin mengakhiri musim ini dengan hasil yang bagus, Edson menegaskan yang terpenting adalah timnya menikmati pertandingan dan tampil dengan baik.

"Kami tidak bermain untuk menjadi juara di pertandingan ini. Kami juga tidak bermain untuk menghindari degradasi. Jadi tidak ada strategi khusus. Pemain akan diberikan kesempatan untuk memperlihatkan performa terbaik. Saya hanya berharap pemain akan memperlihatkan permainan yang bagus," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Data dan Prediksi

  • Prakiraan Susunan Pemain

Kalteng Putra (4-4-2): Dimas Galih Pratama (kiper); Dendi Agustian Maulana, OK John, Abdul Rahman, Wasyiat Hasbulla (belakang); Maldini Pali, Dadang Apridianto, Takuya Matsunaga, Aliazer Elthon Maran (tengah); Patrich Wanggai, Eydison (depan)

Pelatih: Gomes de Oliveira

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Xandao, Ryuji Utomo, Novri Setiawan (belakang); Rohit Chand, Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu (tengah); Riko Simanjuntak, Heri Susanto, Marko Simic (depan)

Pelatih: Edson Tavares

  • Head to head

20/08/19 LI1 Persija 3 - 0 Kalteng Putra

28/03/19 PIP Persija 1 - 1 Kalteng Putra

  • Prediksi

Kalteng Putra 50-50 Persija

Kalteng Putra memang termotivasi untuk bisa menutup musim dengan kemenangan di depan pendukungnya. Namun, catatan minor dalam empat laga terakhir membuat Laskar Isen Mulang diyakini tetap tak dalam kondisi terbaik saat menghadapi Persija yang sebenarnya juga tidak dalam kondisi terbaik, terutama dalam enam laga tandang terakhirnya yang tanpa kemenangan.

Disadur dari Bola.com (Benediktus Gerendo P., published 21/12/2019)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.