Sukses

Ronaldo Cetak Gol Fantastis, Catatan Hang Time-nya Masih Simpang Siur

Cristiano Ronaldo mencetak gol dengan melakukan lompatan fantastis setinggi 2,56 meter.

Liputan6.com, Genoa - Cristiano Ronaldo kembali mengundang decak kagum lewat gol yang dicetaknya ke gawang Sampdoria, Rabu (18/12/2019) atau Kamis dini hari WIB. Tidak hanya menjadi penentu kemenangan Juventus dalam laga ini, CR7 menghibur penonton lewat tandukan spektakuler menyambut umpan Alex Sandro. 

Ronaldo seakan melayang di udara sebelum menyundul bola ke gawang Emil Audero Mulyadi. Aksi mantan pemain MU itu belakangan banyak dikaitkan para pebasket NBA saat melakukan slam dunk. 

Pelatih Sampdoria, Claudio Ranierri, bahkan dibuat terbelalak oleh gol ini. "Ronaldo melakukan sesuatu yang Anda lihat di NBA, dia menggantung di udara selama satu setengah jam," ujarnya usai laga. 

Berbagai media telah mengupas gol spektakuler tersebut. Mengulas tentang tinggi dan lamanya Ronaldo melayang di udara sebelum melepaskan tandukan mematikan ke gawang Sampdoria. Namun hasilnya tidak seragam, Utamanya terkait waktu melayang atau hang time Ronaldo di udara. 

Sebagian percaya bahwa Ronaldo melayang selama 1,5 detik. Angka yang sangat fantastis mengingat selama ini manusia normal rata-rata bisa melayang di bawah 1 detik. Bahkan legenda basket NBA, Michael Jordan yang dianggap punya hang time terlama, maksimal hanya mengukir waktu 0,9 detik. 

 

 

  

Saksikan juga Video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berapa Hang Time Ronaldo?

Dailymail, yang juga ikut membahas gol spektakuler Ronaldo berpendapat berbeda. Menurut media asal Inggris itu, waktu hang time Ronaldo tidak sampai 1,5 detik tapi hanya 0,7 detik. Sementara tinggi lompatan ronaldo saat menjangkau bola mencapai 8 feet 7 inci atau sekitar 2,65 meter. 

Lalu berapa sebenarnya waktu melayang Ronaldo saat menjebol gawang Sampdoria? 

Dalam setiap lompatan, hukum Newton tetang gerak jatuh bebas sangat mempengaruhi. Seperti di mana gaya gravitasi bumi sebesar 9.81 m/s2 akan menarik sesaat setelah kaki meninggalkan tanah.

Namun untuk menghitung waktu melayang atau hang time di udara, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Mulai dari tinggi awal, kecepatan awal saat melakukan lompatan, dan nilai akselerasi saat Anda kembali turun ke bawah. Ini berlaku untuk lompatan yang dilakukan secara vertikal.

 

3 dari 3 halaman

Hukum Fisika di Balik Gol Ronaldo

Sementara gerakan Cristiano Ronaldo dan Michael Jordan lebih mengarah kepada parabola yang dipengaruhi oleh beberapa faktor tambahan, seperti kecepatan awal dan kemiringan lompatan. 

Dalam gerakan parabola, terdapat tiga teori yang mendasari, yakni operasi vektor, gerak jatuh bebas, dan gerak lurus beraturan dan bukan beraturan. Dari ketiga teori ini, kemudian disusun rumus untuk selanjutnya bisa menentukan tinggi maksimum, waktu melayang, hingga jarak maksimum. 

Dari semua teori ini hang time atau waktu melayang dikategorikan sebagai waktu tempuh benda saat meninggalkan tanah hingga mendarat lagi di tanah. Rumusnya: tT = 2 x tp di mana tp dapat dihitung dengan rumus vosinθ)/g. Vo merupakan kecepatan awal saat benda meninggalkan tanah sementara sinθ adalah sudut elevasi. Sedangkan g adalah simbol untuk gravitasi dengan nilai 9.81 m/s2.

Selengkapnya bisa Anda saksikan pada tautan ini. 

Meski demikian, berapapun waktu hang time-nya, gol Ronaldo ke gawang Sampdoria tetap fantastis. Apalagi gol itu menjadi penentu kemenangan Juventus setelah sempat imbang 1-1. Berkat kemenangan ini, Juventus pun kembali ke puncak klasemen sementara Serie A dengan 42 poin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.