6 Pemain Asia di Liga Inggris Sebelum Takumi Minamino

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 21 Des 2019, 07:45 WIB
Diperbarui 21 Des 2019, 07:45 WIB
Takumi Minamino

Jakarta- Liverpool baru saja resmi mendapatkan pemain Asia Takumi Minamino dari Red Bull Salzburg. The Reds mengumumkan transfer pemain baru asal Jepang tersebut pada Kamis (19/12/2019) sore WIB.

Takumi Minamino sudah dinyatakan lolos dari tes medis sehari sebelumnya. Dia akan resmi membela Liverpool pada 1 Januari 2020, saat transfer musim dingin untuk Inggris dibuka.

Minamino dikabarkan menandatangani kontrak berdurasi 4,5 tahun. Liverpool juga membayar klausul penjualan pelepasan Minamino senilai 7,25 juta pounds (Rp132,9 miliar).

"Sudah jadi impian saya menjadi pemain Liverpool. Saya sangat gembira dengan momen ini akhirnya menjadi kenyataan," kata Minamino, dilansir dari situs resmi Liverpool.

Kehadiran Minamino di skuat Liverpool akan menambah jumlah pemain Asia yang pernah merasakan atmosfer Premier League. Dia menjadi pemain Asia kesekian yang mencicipi liga glamor tersebut. 

Kiprah pemain Asia di Premier League beragam. Ada yang bersinar, tapi ada juga yang sekadar numpang lewat dan kemudian dilupakan. 

Takumi Minamino diprediksi bisa mengikuti kiprah-kiprah pemain Asia yang bisa unjuk gigi di Premier League. Siapa saja mereka? Berikut ini beberapa di antaranya. 

2 dari 7 halaman

1. Shinji Kagawa

6 Pemain MU yang Masuk Daftar Jual
Shinji Kagawa

Shinji Kagawa bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2012, dari klub Bundesliga Borussia Dortmund. Ia membela The Red Devils selama dua musim.

Shinji Kagawa berhasil mencetak enam gol dan 10 assist dalam 57 penampilan. Ia juga berkontribusi membantu Manchester United meraih satu gelar Premier League dan satu Community Shield.

3 dari 7 halaman

2. Park Ji-sung

Manchester United, Barcelona, Laga amal
Legenda Manchester United, Ji-Sung Park, berebut bola dengan legenda Barcelona, Eric Abidal, di Stadion Old Trafford, Sabtu (2/9/2017). Pertandingan tersebut merupakan laga amal. (AP/Dave Howarth)

Park Ji-sung menjadi pemain Asia tersukses yang pernah bermain di Premier League. Ia membela Manchester United selama enam musim.

Selama berseragam Manchester United, Park Ji-sung mencetak 28 gol dan 29 assist dalam 204 penampilan. Ia ikut membantu MU meraih empat gelar Premier League, tiga Piala Liga, satu trofi Liga Champions, dan satu trofi Piala Dunia Antarklub.

4 dari 7 halaman

3. Shinji Okazaki

Premier League, Heung-Min Son, Pemain Terbaik
Shinji Okazaki. (AFP/Anthony Devlin)

Shinji Okazaki merupakan pemain Asia yang menjadi bagian skuat juara Leicester City. Saat itu, The Fox tidak diperhitungkan menjadi juara di Premier League 2015-2016.

Ia mengoleksi 19 gol dan enam assist selama tiga musim berseragam Leicester City. Kiprah Okazaki di Premier League berakhir pada musim panas 2019. 

5 dari 7 halaman

4. Son Heung-min

Arsenal Vs Tottenham
Striker Tottenham, Son Heung-Min, merayakan kemenangan atas Arsenal pada laga perempat final Piala Liga di Stadion Emirates, London, Rabu (19/12). Arsenal kalah 0-2 dari Tottenham. (AFP/Ben Stansall)

Son Heung-min menjadi pemain Asia yang menyita perhatian beberapa musim terakhir. Pemain berpaspor Korea Selatan tersebut berhasil mengantar Tottenham Hotspur lolos ke final Liga Champions 2018.

Ia bergabung dengan Spurs pada musim panas 2015 dari Bayern Leverkusen. Kini Son telah mengoleksi 77 gol dan 45 assist dari 210 pertandingan di semua kompetisi.

6 dari 7 halaman

5. Maya Yoshida

Manchester United, Southampton, Premier League
Pemain Southampton, Maya Yoshida (kiri) mencoba menghalangi sepakan pemain Manchester United, Anthony Martial pada lanjutan Premier League di Old Trafford, Manchester, (30/12/2017). MU hanya bermain imbang 0-0. (Martin Rickett/PA via AP)

Maya Yoshida merupakan pemain Jepang yang menjadi bek andalan Southampton. Ia bergabung dengan The Saints pada 2012.

Meskipun tidak memberikan trofi untuk Southampton, ia kerap tampil di skuat utama. Yoshida tercatat telah mengoleksi sembilan gol dan empat assist dari 193 pertandingan di semua kompetisi.

7 dari 7 halaman

6. Ali Al-Habsi

Manchester United, Reading, Piala FA
Aksi pemain Manchester United, Wayne Rooney (kanan) saat mencetak gol ke gawang Reading yang dikawal kiper Ali Al-Habsi pada laga Piala FA di Old Trafford, (7/1/2017). Setan Merah menang 4-0. (AP/Rui Vieira)

Ali Al-Habsi menjadi penjaga gawang Asia yang pernah tampil reguler di Premier League. Dia tampil apik saat menjaga gawang Bolton melawan Bayern Munich pada Piala UEFA 2007-2008.

Namun, kiper berpaspor Oman ini berada di puncak karier kala membela Wigan Athletic dan menjuarai Piala FA pada 2013. Kini Ali Al-Habsi membela West Bromwich Albion yang berlaga di Championship.

Disadur dari Bola.com (Penulis Hanif Sri Yuliano/Editor Yus Mei, Publised 20/12/2019)

Lanjutkan Membaca ↓