Sukses

6 Fakta Menarik Usai Liverpool Lolos ke Final Piala Dunia Antarklub 2019

Liverpool menang 2-1 atas Monterrey di semifinal Piala Dunia Antarklub 2019, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB. The Reds akan bersua Flamengo di final.

Doha - Liverpool menang 2-1 atas Monterrey pada semifinal Piala Dunia Antarklub 2019, Kamis  (19/12/2019). The Reds pun lolos ke final Piala Dunia Antarklub untuk kali kedua.

Menjalani laga di Khalifa International Stadium, Liverpool tampil dominan. Berdasarkan statistik di situs resmi FIFA, skuat Si Merah mencatatkan 62 persen penguasaan bola, berbanding 38 persen yang ditorehkan Monterrey.

Meski menguasai jalannya pertandingan, Liverpool direpotkan serangan balik Monterrey. Klub asal Meksiko tersebut memperoleh delapan peluang bagus dari 16 kesempatan.

Di sisi lain, Liverpool melepaskan 12 tembakan yang enam di antaranya mengarah ke gawang. Kendati begitu, skuat Si Merah berhasil memetik kemenangan 2-1 atas Monterrey.

Sepasang gol Liverpool disarangkan Naby Keita pada menit ke-12 dan Roberto Firmino menit ke-90+1. Adapun gol tunggal Monterrey dicetak Ramiro Funes Mori pada menit ke-14.

Hasil ini membuat skuat Si Merah lolos ke final Piala Dunia Antarklub 2019, dan akan menghadapi Flamengo. Rencananya, duel Liverpool versus Flamengo akan berlangsung di Khalifa International Stadium, 21 Desember mendatang.

Video:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data dan Fakta:

1. Liverpool untuk kedua kalinya lolos ke final Piala Dunia Antarklub. The Reds pun menjadi klub Inggris pertama yang mampu mengukir pencapaian tersebut.

2. Monterrey telah menelan dua kekalahan pada laga semifinal Piala Dunia Antarklub, dan dua pertandingan tersebut kontra klub Inggris. Yang pertama adalah ketika takluk 1-3 dari Chelsea pada 2012.

3. Bek Liverpool, Tren Alexander-Arnold, telah menorehkan 20 assist di semua kompetisi pada 2019. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan pemain Premier League lainnya.

4. Sejak awal musim 2017-2018, tidak ada pemain yang menorehkan assist lebih banyak untuk Liverpool di semua kompetisi selain Mohamed Salah, yakni 31 assist. Jumlah tersebut setara dengan Roberto Firmino.

5. Liverpool menjadi klub Premier League pertama yang menjalani laga beruntun (kontra Aston Villa dan Monterry (17-18 Desember)). Terakhir kali hal serupa dilakukan Manchester United dan Arsenal pada November 2001.

6. Naby Keita kini telah mencetak lebih banyak gol dalam tiga penampilan terakhirnya bersama Liverpool di semua kompetisi (3 gol). Sebelumnya, Keita menorehkan jumlah gol serupa saat melakoni 41 pertandingan perdana bersama The Reds.

Sumber: BBC

Disadur dari Bola.com (Penulis Rizki Hidayat / Editor Wiwig Prayugi, Published 19/12/2019)a

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.