Sukses

6 Pemain Termahal Barcelona sejak 2011, Ini Kabar Mereka Sekarang

Barcelona kerap mendatangkan pemain berbanderol mahal. Seperti apa kabar mereka sekarang?

Jakarta - Barcelona menorehkan diri sebagai salah satu klub tersukses di dunia. Dilansir situs klub, mereka sudah merengkuh 135 trofi hingga saat ini. 

Termasuk gelar bergengsi di benua Eropa, Liga Champions. Klub yang bermarkas di Camp Nou itu sudah mengoleksi lima gelar Liga Champions.

El Barca menjadi pengoleksi terbanyak keempat setelah Real Madrid, AC Milan, dan Liverpool. Selain kompetisi Eropa, Los Cules banyak meraih titel di kancah domestik seperti La Liga (26) dan Copa Del Rey sebanyak 30 kali.

Banyak yang mengatakan Barcelona begitu menikmati kejayaannya sejak bursa transfer 2010-an. El Barca mampu memenangkan tujuh gelar La Liga, lima trofi Copa del Rey, dan dua kali juara Liga Champions.

Klub asal Catalan itu kerap mendatangkan pemain-pemain berkualitas dengan banderol mahal. Dalam sedekade terakhir Real Madrid selalu mempunyai pemain dengan transfer termahal tiap musimnya.

Beberapa pemain masih ada yang bertahan, tapi ada pula yang sudah hengkang. Terus di mana pemain-pemain termahal yang sudah hengkang? Berikut Bola.com merangkum dari Planet Football, kabar terbaru 6 pemain termahal Barcelona setiap musim dalam sedekade terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. David Villa

Barcelona mendatangkan David Villa dari Valencia pada 2010. El Barca rela menggelontorkan 40 juta pounds (Rp731 miliar) demi memboyong sang pemain ke Camp Nou.

Villa sempat mengalami cedera yang serius pada musim keduanya. Bersama Barcelona, Villa sukses memenangkan delapan trofi.

Saat ini, Villa tak memperkuat tim manapun. Pemain asal Spanyol itu sudah memutuskan pensiun sebagai pemain bola profesional.

Klub terakhir yang ia bela ialah Vissel Kobe dari Jepang.

3 dari 7 halaman

2. Cesc Fabregas

Barcelona sukses memboyong Cesc Fabregas dari Arsenal dengan banderol 34 juta euro (Rp530 miliar) pada 2011. Selama di Barcelona, Fabregas tampil apik di lini tengah bersama Xavi Hernandes dan Andres Iniesta.

Kerier Fabregas bersama Los Cules hanya berlangsung selama tiga musim. Setelah itu ia kembali ke Inggris untuk bergabung dengan Chelsea.

Saat ini, pemain berusia 32 tahun itu memperkuat AS Monaco sejak Januari 2019.

4 dari 7 halaman

3. Alex Song

Alex Song menjadi pembelian termahal Barcelona pada bursa transfer musim panas 2012. Song didatangkan El Barca dari Arsenal dengan banderol 19 juta euro (Rp296 miliar).

Harga tersebut lebih tinggi daripada mahar Jordi Alba yang saat ini masih bertahan di Camp Nou. Meskipun memiliki harga lebih mahal, kualitas Song justru masih kalah mentereng dari Alba.

Song kemudian dipinjamkan ke klub asal Inggris, West Ham United, hingga 2016. Saat ini, Song bermain untuk klub asal Swiss, FC Sion.

5 dari 7 halaman

4. Neymar

Nama Neymar bisa dibilang tak terdengar asing buat penggemar Barcelona. Ia didatangkan El Barca dari Santos FC dengan banderol sekitar 88 juta euro (Rp1,37 triliun) pada 2014.

Selama memperkuat Los Cules, Neymar sukses mencatatkan 105 gol dalam 186 penampilan. Meski terbilang sukses, Neymar justru memutuskan hengkang pada musim panas 2017 ke Paris Saint Germain.

PSG memboyong Neymar dengan harga 222 juta euro (Rp3,46 triliun). Hingga saat ini, Neymar masih berkostum klub asal Paris tersebut.

6 dari 7 halaman

5. Philippe Coutinho

Barcelona mendatangkan dua pemain dengan banderol mahal pada bursa transfer musim panas 2017. Dua pemain tersebut ialah Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho.

El Barca mendatangkan Dembele dengan harga 147 juta euro (Rp2,29 triliun). Sementara Coutinho sekitar 160 juta euro (Rp2,49 triliun).

Meski berstatus pemain mahal, performa Coutinho tak sesuai dengan ekspektasi publik Catalan. Penampilan Coutinho bersama Los Cules bisa dibilang tak konsisten.

Sang pemain kemudian dilepas ke klub Bundesliga, Bayern Munchen, dengan status pinjaman.

7 dari 7 halaman

6. Malcom

Malcom merupakan pemain termahal Barcelona pada 2018. Malcom didatangkan El Barca dari klub asal Prancis, Bordeaux.

Kala itu, Barcelona harus menggelontorkan 41 juta euro (Rp639 miliar) untuk mendapatkan tanda tangan Malcom. Namun, karier Malcom bersama El Barca hanya berlangsung satu musim.

Pada bursa transfer musim panas 2019, Malcom meninggalkan Barcelona untuk bergabung dengan klub asal Rusia, Zenit St Petersburg.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Faozan Tri Nugroho/Editor: Yus Mei Sawitri, published 19/19/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.