Sukses

Jorge Lorenzo Kembali ke Yamaha?

Jorge Lorenzo dikabarkan mendapat tawaran dari Yamaha untuk menjadi test rider.

Madrid - Yamahadilaporkan telah meminta Jorge Lorenzo untuk menjadi test rider mereka di MotoGP mulai 2020. Pembalap asal Spanyol itu memutuskan pensiun akhir musim ini.

Yamaha merupakan tim pertama Lorenzo di MotoGP, yakni saat ia menjalani debut di kelas tertinggi pada 2018. Ia membela pabrikan Garpu Tala selama sembilan musim, meraih tiga gelar dunia, 44 kemenangan, 107 podium, dan 40 pole, sebelum pindah ke Ducati pada 2017.

Setelah dua musim membela Ducati, ia pindah ke Repsol Honda pada awal 2019, namun ia kesulitan menjinakkan RC213V dan kerap dirundung cedera. Keretakan tulang punggungnya akibat kecelakaan hebat di Assen juga tak kunjung pulih, hingga ia memutuskan pensiun.

Di sisi lain, Yamaha tengah mencoba membentuk tim uji coba Eropa mereka untuk fokus mengembangkan YZR-M1, mengingat mereka satu-satunya pabrikan MotoGP yang tak punya program tersebut. Selama ini, Yamaha memfokuskan pengembangan M1 di Iwata, Jepang.

Mereka sempat menggaet Jonas Folger pada tengah 2018. Tapi, ia hanya menjalani dua kali uji coba dan kedua belah pihak tidak melanjutkan kerja sama. Kini, pengembangan M1 kembali difokuskan ke Jepang lewat test rider Katsuyuki Nakasuga dan Kohta Nozane.

Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, mengaku pihaknya sama sekali tak menutup peluang untuk menggaet test rider asal Eropa dalam waktu dekat, usai gagal mendapatkan Johann Zarco, yang musim depan akan turun bersama Reale Avintia Racing-Ducati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kembali ke Paddock

Sebelumnya, Jorge Lorenzo melempar sinyal dirinya akan tetap terlibat di MotoGP. Namun, ia masih merahasiakan proyek barunya itu.

Pria berusia 32 tahun ini mengaku manajemennya tengah menggodok rencana dan akan segera mengumumkannya.

"Jelas saya akan kembali ke paddock, tapi entah apa peran saya nanti. Kami tengah mengusahakannya, mungkin saya baru bisa membicarakannya dalam waktu dekat. Saya bahagia soal apa yang bisa saya lakukan, apa yang saya cintai, dan di mana saya bisa meraih sukses," ujarnya.

"Tapi, saat Anda mendapat peluang untuk hidup lebih bebas dan tenang, seperti yang saya lakukan sekarang, maka secara alami Anda mengambil keuntungan dari ini dan menikmati fakta bahwa Anda tak punya beban, serta melihat bagaimana jalannya hidup," pungkas Lorenzo.

Sumber: Motorsport

Disadur dari: Bola.net, published 19/12/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.