Sukses

Pensiun, Persija Tetap Rumah Bagi Bambang Pamungkas

Pertandingan Persija Jakarta kontra Persebaya menjadi laga kandang terakhir bagi Bambang bersama tim ibu kota di depan The Jakmania.

Liputan6.com, Jakarta- Bambang Pamungkas resmi menyatakan pensiun dari dunia sepak bola. Pertandingan Persija Jakarta kontra Persebaya di Stadiun Utama Gelora Bung Karno, Selasa (17/12), menjadi laga kandang terakhir bagi Bambang bersama tim ibu kota di depan The Jakmania.

Dalam laga itu, Bepe panggilan akrabnya masuk pada menit ke-75 menggantikan Sandi Sute. Sayang, pemain bernomor punggung 20 itu tidak mampu memberikan perubahan.

Persija mengakhiri laga kandang terakhirnya dengan kekalahan 1-2 atas Persebaya. Namun kekalahan itu tidak mengganggu momen pesta perpisahan sang legenda.

“Ini hasil yang tidak bagus. Apa pun alasannya memang kami mencari kemenangan. Tidak hanya memperbaiki peringkat, tapi juga ini masalah harga diri antara Persija Jakarta dan Persebaya,” kata Bepe melalui Persija.id.

Malam itu, Bepe memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh elemen di Persija Jakarta terutama pendukung setia timnya The Jakmania. Walaupun sudah menggantung sepatu, Dirinya tidak merasa berpisah denan Persija.

“Saya sendiri tidak terlalu berpikir mengenai apa ya semacam perpisahan buat saya karena apapun kondisinya saya selalu merasa ini adalah rumah saya,” ujar pemain berusia 39 tahun.

Saksikan Video Perpisahan Bambang Pamungkas di Persija

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

 Lega

Bepe sendiri mengaku lega, akhirnya bisa mengumumkan masa pensiunnya. Meski Persija harus kalah 1-2 dari Persebaya, dia merasa tetap puas.

“Jadi pada akhirnya saya merasa lega karena akhirnya bisa mengakhiri karier saya, walaupun dengan hasil yang tidak baik, tapi menurut saya ini cukup puas saya. Jadi saya pikir dengan segara kekurangan dan kelebihan saya bisa menerima perpisahan ini dengan baik,” tambahnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Tetap di Sepak Bola?

Setelah pensiun, Bepe masih belum mau memberitahu rencana kedepannya. Yang jelas, Dia tetap membuka kemungkinan untuk tetap berkutat dalam dunia sepak bola.

"Mengenai saya mau ke mana setelah ini, nantilah. Saya mungkin tidak akan jauh-jauh dari sepak bola, tapi juga tidak akan terlalu dekat dengan sepak bola. Kita lihat nanti,” jelas Bepe.

Bepe memulai karir sebagai pesepak bola profesional pada tahun 1999 bersama Persija. Selama 20 tahun berkarir, ia juga sempat membela klub lain seperti EHC Norad, Selangor FA, dan Pelita Bandung Raya.

(Balwa Ramadhan/Mg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.