Sukses

4 Catatan Lionel Messi di El Clasico Barcelona vs Real Madrid

Berikut sejarah singkat ringkas sejarah Lionel Messi di El Clasico melawan Real Madrid

Jakarta - Barcelona menghadapi Real Madrid pada El Clasico jilid pertama La Liga musim ini. Pertandingan berlangsung di Camp Nou, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB.

Duel dua klub besar Spanyol itu diperkirakan berjalan menarik. Selain adu gengsi, pertandingan tersebut juga menjadi ajang penentuan pemuncak klasemen sementara La Liga. Saat ini, Barca dan Madrid memiliki poin sama yakni 35. Barcelona berada di puncak klasemen karena selisih gol. 

Dalam dua musim terakhir, El Clasico disebut tidak terlalu menarik, tepatnya setelah Cristiano Ronaldo hijrah ke Juventus dan merumput di Serie A. Tak ada lagi adu gengsi yang terjadi antara dua bintang di masing-masing klub, antara Lionel Messi versus Cristiano Ronaldo. 

Sampai saat ini, Real Madrid belum menemukan sosok yang mampu menyaingi performa bintang Barcelona, Lionel Messi. Eden Hazard atau Karim Benzema disebut belum mampu menjadi saingan berat La Pulga.

Apalagi, La Pulga mencatatkan sejarah menakjubkan sepanjang duel El Clasico. Apa saja catatan sejarah yang pernah dicatatkan Lionel Messi di El Clasico? Berikut Bola.com telah merangkumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Debut El Clasico

Lionel Messi melakoni debut di El Clasico pada 19 November 2005. Kala itu, Barcelona menang 3-0 atas Real Madrid di Stadion Bernabeu.

Saat itu, Lionel Messi belum menjadi pemain yang dipuja-puja. Suporter Barca masih mengagung-agungkan nama Ronaldinho yang mencetak dua dari tiga gol tersebut. Satu gol lainnya dicetak Samuel Eto'o yang memanfaatkan umpan Messi.

Messi memiliki banyak kisah bersejarah di laga El Clasico. Pemain asal Argentina itu sudah merasakan 41 pertandingan, mengemas 26 gol dan 14 assist.

3 dari 5 halaman

2. Gol Pertama

Butuh 14 bulan bagi Lionel Messi untuk mencetak gol ke gawang Real Madrid. Pada Maret 2007, Messi yang comeback dari cedera berhasil memgantongi hattrick dalam debut El Clasiconya.

Hasil imbang 3-3 tersebut menjadi tanda bahwa raja baru di dunia sepak bola Spanyol telah lahir. Karier dan performa Lionel Messi terus melesat.

Setelah hattrick itu, Messi kerap dibanding-bandingkan dengan legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona. Sampai saat ini, setiap kali suporter berbicara tentang El Clasico, nama Lionel Messi menjadi pemain yang paling disorot.

 

4 dari 5 halaman

3. Penampilan Terbaik Lionel Messi

Semenjak mencetak hattrick pada 2007, penampilan Lionel Messi terus mengalami peningkatan. Ia menjadi pemain yang paling subur di El Clasico.

Namun, jika berbicara tentang penampilan terbaik bintang Argentina itu, penggemar tak akan melupakan El Clasico pada 2014 di Bernabeu. Saat itu, Messi mencetak penalti pada menit ke-84 dan membawa kemenangan dengan skor 4-3 untuk Barcelona.

Kemenangan itu membuat Barca merengkuh treble winner. Momen bersejarah lainnya juga terjadi di Bernabeu pada 2017.

Gol Messi di injury time membuat Barca menang 3-2 di kandang Real Madrid. Selebrasi Lionel Messi juga menjadi momen manis dalam kemenangan emosional tersebut. Ia melepas bajunya dan mempersembahkannya kepada suporter yang hadir.

5 dari 5 halaman

4.  Berjaya di Bernabeu

Sebanyak 15 dari 26 gol Lionel Messi pada El Clasico tercipta di Bernabeu. Prestasi yang cukup membanggakan bagi pemain sepak bola.

Itu artinya, Lionel Messi jarang merasa tertekan meski bermain di kandang lawan. Namun, El Clasico jilid 1 pada musim 2019-2020 ini akan berlangsung di Camp Nou.

Lionel Messi diharapkan mampu membawa Barcelona memenangi laga. Apalagi, Real Madrid terlihat  belum begitu stabil sepeninggal Cristiano Ronaldo.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Hesti Puji Lestari/Editor: Yus Mei Sawitri, published 18/12/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.