Sukses

Diduga Pakai Doping, Andrea Iannone Terancam Akhiri Karier Lebih Cepat di MotoGP

Andrea Iannone diduga sudah memakai doping yang tak diizinkan FIM. Saat ini dia dilarang beraktivitas di balap motor dan terancam sanksi 4 tahun.

Liputan6.com, Lesmo- Pembalap Aprilia Racing, Andrea Iannone terancam mengakhiri karier di MotoGP lebih cepat gara-gara kasus doping. Seperti diketahui, Iannone mendapatkan hukuman awal karena tidak lulus tes doping saat MotoGP Malaysia lalu.

Saat ini, Andrea Iannone masih mengupayakan banding atas sanksi yang didapatkannya. Soalnya kalau banding ditolak, dia terancam sanksi larangan balap selama empat tahun.

Kalau itu terjadi, dia bisa akhiri kariernya lebih cepat. Aprilia Racing sendiri dikabarkan sudah menyiapkan Bradley Smith sebagai pengganti.

Andrea Iannone mengaku tidak percaya dengan sanksi awal yang didapatkannya. Dia meyakini tidak bersalah dengan tuduhan doping yang dialamatkan kepadanya.

"Saya masih rileks menghadapi ini. Saya ingin yakinkan fans dan Aprilia Racing tidak bersalah," tulis Andrea Iannone di akun media sosialnya.

 

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Buktikan

Iannone mengaku siap membuktikan dia tidak mengkonsumsi doping seperti yang dituduhkan. Soalnya, ada sampel B urine yang juga diambil pada MotoGP lalu.

Pada sampel awal, Iannone diduga sudah mengkonsumsi zat yang dilarang oleh FIM. Zat terebut mengandung Exogenous Anabolic Androgenic Steroids (AAS).

"Saya terbuka untuk melakukan analisa untuk melawan hasil tes doping yang kejutkan saya, selain itu saya juga belum menerima pengumuman resmi," ujarnya.

"Bertahun-tahun, juga musim ini, saya sudah jalani tes doping yang hasilnya selalu negatif. Itulah mengapa saya yakin dengan kasus ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.