Sukses

Persebaya Rusak Pesta Perpisahan Bambang Pamungkas Bersama Persija

Bambang Pamungkas pensiun dari Persija Jakarta. Sayangnya Persija kalah 1-2 dari Persebaya.

Jakarta- Pesta perpisahan penyerang Bambang Pamungkas bersama Persija Jakarta dirusak oleh Persebaya Surabaya, Selasa (17/12/2019). Pada laga pekan ke-33 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Karno, Bajul Ijo mengalahkan Macan Kemayoran dengan skor 2-1.

Menit 8', publik Gelora Bung Karno terdiam setelah Osvaldo Haay mencetak gol ke gawang Persija. Akselerasi David Da Silva gagal diantisipasi Xandao. Ia lalu memberikan umpan ke mulut gawang yang disambut oleh Osvaldo menjadi gol.

Menit 14', Osvaldo nyaris menambah gol andai penguasaan bolanya lebih baik. Beruntung, Fachrudin Aryanto bertanggung jawab merebut bola kembali.

10 menit berselang, gol kedua Persebaya tersaji. Bermula dari umpan panjang Abu Rizal Maulana, Osvaldo Haay dengan sekali sentuhan memberikan umpan kepada Diogo Campos. Tanpa kontrol, Campos dengan sempurna merobek gawang Andritany Ardhiyasa.

Penalti menit 29', tendangan Ramdani Lestaluhu dengan jelas menyentuh tangan Otavio Dutra. Wasit Faulur Rosy menunjuk titik putih.

Marko Simic yang menjadi pengambil tendangan penalti gagal melakukan tugasnya dengan sempurna. Beruntung, bola muntah kembali disambut oleh Simic menjadi gol.

Dua menit jelang waktu normal, Ismed Sofyan mengirimkan umpan matang ke kotak penalti Persebaya. Sayang, sundulan Sandi Sute masih belum menemui target.

Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Persebaya. Pelatih Edson Tavares wajib mengubah permainan agar Persija bisa terhindar dari kekalahan.

Saksikan Video Bambang Pamungkas di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua Persija langsung mengurung pertahanan Persebaya. Selama 15 menit pertama, terlihat betapa Macan Kemayoran dominan dalam menyerang, namun selalu gagal menembus pertahanan lawan.

Aji Santoso memasukkan Irfan Jaya menggantikan Oktafianus Fernando menit 53'. Ini mengindikasikan bahwa Persebaya tidak mau mengendurkan tekanan meski sedang unggul 2-1.

Berbeda dengan babak pertama, David Da Silva terlihat lebih kesulitan melewati pertahanan Persija. Mendapatkan kawalan Xandao sepanjang laga, striker asal Brasil itu selalu gagal menembus penjagaan.

Aktor utama pada laga malam itu, Bambang Pamungkas, akhirnya dimainkan menit 75'. Tak cuma Bambang, coach Edson juga memainkan Heri Susanto, sehingga Persija memiliki tiga striker di depan termasuk Marko Simic.

Persija bermain lebih pragmatis setelah masuknya dua pemain itu. Bola-bola direct dilakukan memanfaatkan keunggulan Simic dan Bambang dalam duel udara, serta kecepatan Heru Susanto.

Menit 90'+1, Persija berkesempatan menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas. Sayang, Simic gagal melakukan tugasnya dengan sempurna.

Hingga peluit panjang dibunyikan, Persebaya mampu mempertahankan keunggulan 2-1. Meski Bambang Pamungkas seharusnya yang jadi aktor utama, malam itu, Osvaldo Haay yang menjadi bintang di Gelora Bung Karno berkat sumbangan satu gol dan satu assist.

3 dari 5 halaman

Persembahan Terakhir Jakmania

Sementara itu, suporter Persija Jakarta, The Jakmania, memberikan persembahan sendiri untuk Bambang Pamungkas. Mereka menyuguhkan koreografi bertuliskan nomor 02 dan 20 pada pertandingan kontra Persebaya Surabaya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Angka 02 adalah nomor dari Kartu Tanda Anggota (KTA) The Jakmania, Tauhid Indrasjarief. Status ketua umum pria yang karib dipanggil Bung Ferry ini bakal tuntas pada Januari 2020.

4 dari 5 halaman

Diwakili Angka 20

Adapun, angka 20 bermakna sebagai nomor punggung dari penyerang flamboyan Persija Jakarta, Bambang Pamungkas. Serupa seperti Bung Ferry, duel melawan Persebaya bakal menjadi momen terakhirnya berbaju tim ibu kota di partai kandang.

Bepe, panggilan Bambang, dikabarkan akan gantung sepatu pada akhir musim. Wajar, mengingat usianya bakal menginjak 40 tahun pada Liga 1 2020.

Koreografi angka 02 dan 20 itu terbentang di tribune timur SUGBK. The Jakmania yang menduduki tribune utara dan selatan juga menyuguhkan koreografi dalam bentuk ilustrasi.

5 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Persija (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Fachrudin Aryanto, Xandao, Tony Sucipto; Rohit Chand, Sandi Darma Sute, Fitra Ridwan; Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Marko Simic

Pelatih: Edson Tavares

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra, Abu Rizal Maulana, Hansamu Yama, Otavio Dutra, Rachmat Irianto; Aryn Williams, Muhammad Hidayat, Osvaldo Haay, David da Silva, Oktafianus Fernando, Diogo Campos

Pelatih: Aji Santoso

Disadur dari Bola.com (Penulis Gregah Nurikhsani/Editor Wiwig Prayugi, Published 17/12/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.