Sukses

Bela Muslim Uighur, Ozil Takkan Dapat Dukungan dari Arsenal

Di Instagram, Ozil bersuara mengenai dugaan kekerasan terhadap muslim Uighur di Xianjiang oleh pemerintah Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta Mesut Ozil jadi buah bibir sejak akhir pekan kemarin. Kicauan Ozil di media sosial membuat pemerintah Tiongkok panas-dingin. Pria Jerman keturunan Turki itu mengutarakan dukungan terhadap Muslim Uighur.

Di Instagram, Ozil bersuara mengenai dugaan kekerasan terhadap muslim Uighur di Xianjiang oleh pemerintah Tiongkok. Ozil mengecam sikap Tiongkok. Dia juga menyentil negara-negara muslim lain yang diam saja melihat kejadian di Xianjiang.

"[Di China] Quran dibakar, masjid ditutup, sekolah Islam dilarang, cendekiawan agama satu per satu dibunuh. Terlepas dari semua itu, muslim tetap diam. Suara mereka tak terdengar," kicau Ozil di Instagram.

Tiongkok langsung bereaksi atas tudingan Ozil ini. Pertandingan Arsenal melawan Manchester City pada lanjutan Liga Inggris akhir pekan kemarin mendadak batal ditayangkan langsung oleh televisi CCTV. Layanan live streaming juga tidak menayangkan pertandingan Arsenal.

Komentar Ozil ini bisa berdampak panjang pada Arsenal, seperti yang dialami NBA dan klub Houston Rockets. Tiongkok sempat memboikot tayangan langsung NBA gara-gara komentar GM Rockets, Daryl Morey, berkomentar memberi dukungan kepada demontran di Hong Kong.

Gara-gara kicauan Daryl Morey, Rockets kehilangan kontrak sponsor dengan beberapa perusahaan Tiongkok. Pertandingan NBA juga sempat batal ditayangkan di negeri Tirai Bambu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kepentingan Ekonomi

Melihat kebiasaan Tiongkok yang langsung bereaksi keras dan melakukan boikot ini, Arsenal diperkirakan tidak akan memberikan dukungan kepada Ozil.

Pengamat ekonomi sepak bola dari Universitas Liverpool Kieran Maguire ragu Arsenal akan berada di belakang Ozil. Arsenal memiliki kepentingan ekonomi yang besar dengan Tiongkok.

"Pada hal-hal seperti negosiasi untuk penawaran sponsor lokal, tur pra-musim, penjualan barang dagangan, saya pikir itu akan berdampak negatif," kata Maguire kepada Reuters.

Tiongkok memang memiliki pangsa pasar yang besar untuk klub-klub olahraga, baik sepak bola maupun NBA. Liga Inggris mendapatkan penghasilaan 564 juta pound dari kontrak hak siar selama tiga tahun dengan Tiongkok.

Banyak klub-klub Inggris yang memiliki kontrak sponsor dengan klub Tiongkok. Arsenal juga punya kedekatan dengan Tiongkok. Meriam London memiliki akun di media sosial Tiongkok, Weibo. Jumlah pengikutnya juga sangat besar, peringkat tujuh klub Eropa terpopuler di Weibo.

"Arsenal sadar, mengingat nilai hak dan sensitivitas pemerintah Tiongkok, bahwa mereka harus memperlakukan ini selembut yang mereka bisa," lanjut Maguire.

3 dari 3 halaman

Perlakuan Berbeda

Tanda-tanda Arsenal takkan memihak Ozil terlihat dari pernyataan klub di Weibo. Klub asal London menegaskan pernyataan Ozil tersebut bersifat pribadi dan tidak ada kaitan dengan klub.

Situasi ini berbeda dengan cara Arsenal menyikapi kicauan Hector Bellerin yang mengejek Boris Johnson. Arsenal tak bereaksi sama sekali.

Sejauh ini Arsenal memang belum memberikan sanksi apapun pada Ozil. Analis Amnesty Internasional William Nee berharap Arsenal tetap tak menjatuhkan hukuman untuk Ozil walau akan mendapat tekanan dari Tiongkok.

"Arsenal tidak perlu mendukung komentar Ozil, tetapi harus menyadari bahwa itu berisiko menjadi alat sensor China jika kemudian menghukumnya karena pandangannya," ujar Nee.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Mesut Özil adalah seorang pemain bola yang tergabung di klub Arsenal
    Mesut Özil adalah seorang pemain bola yang tergabung di klub Arsenal

    Mesut Ozil

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • tiongkok