3 Penandatanganan Paling Sukses di Liga Inggris pada Bursa Transfer Januari

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 17 Des 2019, 13:00 WIB
Diperbarui 17 Des 2019, 13:16 WIB
Liga Inggris: Chelsea Bangkit, Leicester Menang Lagi

Liputan6.com, Jakarta Jendela transfer Januari hampir tiba. Secara tradisional jendela transfer musim dingin telah berfungsi sebagai peluang bagi klub untuk melakukan pembelian.

Bursa transfer Januari dimaksudkan untuk mengatasi masalah mencolok dalam tim yang muncul di paruh pertama musim. Karena itu, meskipun ada di bawah bayang-bayang musim panasnya, pentingnya jendela transfer musim dingin tidak dapat diabaikan.

Buka hanya di bulan Januari, pasar transfer memulai periode 30 hari yang hiruk pikuk yang membuat klub berlomba-lomba mencari pemain dan mendorong kesepakatan. Meskipun partisipasi aktif dari klub tidak selalu terjadi.

Liga Premier lebih suka jendela transfer musim panas yang memiliki struktur yang lebih kuat. Selain itu juga membantu negosiasi karena berjalan untuk periode waktu yang lebih lama juga.

Selain itu, ada beberapa bintang di Liga Inggris yang mencapai status legendaris untuk klub setelah pindah pada Januari. Dalam hal ini ada 3 penandatanganan di Liga Inggris pada jendela transfer Januari, yang paling sukses sepanjang masa.

2 dari 4 halaman

Philippe Coutinho (Inter ke Liverpool)

Intip Latihan Perdana Philippe Coutinho di Bayern Munchen
Gelandang baru Bayern Munchen, Philippe Coutinho berselfie dengan fans saat mengikuti sesi pelatihan di Munich, Jerman selatan (20/8/2019). Munchen meminjam Coutinho dari Barcelona selama satu musim dengan biaya 8,5 juta euro atau sekitar Rp 134,3 miliar. (AFP Photo/Christof Stache)

Pemain asal Brasil ini memulai karier sepakbolanya bersama Vasco da Gama. Kemudian meningkat melalui akademi muda klub dan menjadikan dirinya sebagai anggota reguler tim utama meski baru berusia 18 tahun.

Coutinho menarik perhatian para pemandu bakat Inter Milan dan pindah ke sisi Serie A pada musim panas 2010. Meskipun dia datang dengan banyak janji, pemain Brasil itu harus berjuang untuk menemukan kakinya di Italia, sehingga harus dikirim ke Espanyol dengan status pinjaman di musim keduanya.

Coutinho menatap masa depan yang tidak pasti di musim ketiganya bersama Inter Milan, sebelum kemudian ia dikontrak Liverpool pada Januari 2013, dengan biaya transfer 8,5 juta pounds.

Penampilan Coutinho terus meningkat di setiap pertandingan. Keahliannya menguasai bola dan kemampuannya mencetak gol yang mendorongnya menjadi bintang. Dia adalah playmaker yang tepat yang diberkati dengan kecepatan, kecepatan dan visi. Coutinho bertahan di Anfield selama hampir 5 musim, mencetak 201 penampilan dan mencetak 54 gol.

Barcelona akhirnya datang memanggil di musim 2017/18 dan Coutinho kemudian pindah ke Camp Nou pada Januari 2018. Saat ini dia dipinjamkan ke Bayern Munchen hingga akhir musim.

3 dari 4 halaman

Luis Suarez (Ajax ke Liverpool)

Barcelona Gilas Borrusia Dortmund 3-1
Penyerang Barcelona, Lionel Messi (kiri) berselebrasi dengan rekaannya Antoine Griezmann dan Luis Suarez usai mencetak gol ke gawang Borrusia Dortmund pada pertandingan Grup F Liga Champions di stadion Camp Nou, Spanyol (27/11/2019). Barcelona menang 3-1 atas Dortmund. (AP Photo/Joan Monfort)

Pemain Uruguay itu bergabung dengan Liverpool dari Ajax pada Januari 2011, dengan biaya transfer 22,7 juta pounds. Kedatangan Luis Suarez dibayangi oleh kepindahan besar uang Liverpool untuk Andy Carrol.

Dia tiba di Anfield di belakang musim yang hebat bersama tim Belanda. Suarez ketika itu berhasil mencetak 49 gol dari 48 pertandingan dan sudah berhasil 12 gol dari 24 pertandingan di musim 2010/11 sebelum kepindahannya.

Bersama Ajax, Suarez total berhasil mencetak 111 gol dari 158 pertandingan. Di Liverpool, awalnya sedikit lambat. Dia menyelesaikan musim 2010/11 dengan 4 gol dari 13 pertandingan dan mencetak 17 kali dari 39 pertandingan di musim berikutnya.

Kemampuannya untuk berlari di pertahanan dan kehadiran pikirannya di dalam area penalti adalah aset terbesarnya. Suarez adalah pencetak gol alami yang berkembang di kelemahan lawan dan ingin menang dengan biaya berapa pun.

Di musim ketiga dan keempatnya, Suarez berhasil melewati penghalang 30 gol sebelum Barcelona datang memanggil pada musim panas 2014 dengan transfer seharga 75 juta pounds.

Pemain Uruguay tersebut saat ini berada di Camp Nou. Bersama Barcelona, Suarez telah memenangkan sejumlah trofi dan memantapkan dirinya sebagai nama global dalam dunia sepakbola.

4 dari 4 halaman

Patrice Evra (AS Monaco ke Manchester United)

Liga Inggris
2. Patrice Evra (Januari 2006) - MU mendapatkan bek kiri ini dari Monaco seharga 7 juta poundsterling. Bersama Setan Merah, pria Prancis itu sukses meraih lima gelar Liga Premier Inggris dan satu Piala Champions. (AFP/Andrew Yates)

Pemain Prancis ini awalnya bermain sebagai penyerang tetapi dikonversi menjadi pemain sayap setelah bergabung dengan akademi Paris Saint-Germain. Setelah gagal lolos di tim Ligue 1, Patrice Evra menjalani tugas singkat di akademi beberapa klub. Namun, di Nice dia pertama kali bermain sebagai bek kiri.

Setelah pindah ke Monako pada musim panas 2002, ia secara permanen beralih ke peran bek kiri, atas saran pelatih Monaco saat itu, Didier Deschamps. Pemain Prancis itu menunjukkan janji besar selama tiga setengah tahun bertugas dengan tim Ligue 1 dan akhirnya menarik perhatian Sir Alex Ferguson.

Manchester United menandatangani kontrak untuk Evra seharga 5,5 juta pounds dari Monako pada Januari 2006. Awalnya, Evra berjuang untuk beradaptasi dengan liga baru dan hanya bisa mengelola 14 penampilan di paruh kedua musim 2005/06.

Evra melanjutkan bermain untuk Manchester United hingga akhir musim 2013/14 sebelum ia berangkat ke Juventus. Pada saat itu, ia telah memenangkan banyak trofi dan telah menorehkan namanya di cerita fans United.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Kevin Sanjaya, Anak Muda Berprestasi Versi Forbes Indonesia