Sukses

Menpora Berharap Indonesia akan Memiliki Atlet Berkuda Kelas Dunia

Menpora berharap adanya akademi ini membuat Indonesia akan memiliki atlet berkuda kelas dunia.

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Pemuda dan Olaharga (Menpora) Zainudin Amali meresmikan Equinara Academy Pulomas di Jakarta International Equestrian Park Pulo Mas (JIEPP), Jakarta, Sabtu (14/12/2019). Menpora berharap adanya akademi ini membuat Indonesia akan memiliki atlet berkuda kelas dunia.

Peresmian Equinara Academy Pulomas dilakukan bersamaan dengan peresmian Equinara Pulomas Breeding Centre (Pusat Pengembangbiakan Kuda). Selain Menpora, hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum KONI Marciano Norman dan Ketua Umum Equinara, Teuku Riefky.

Equinara Academy Pulomas merupakan pusat latihan olahraga berkuda yang bertujuan untuk mencetak atlet-atlet muda berprestasi. Dengan menggunakan kurikulum berstandar international, Equinara Academy membagi peserta didik secara berjenjang mulai dari kelas Beginner, Development Squad, Performance Squad, hingga Elite Squad.

Saat ini, Equinara Academy memiliki 6 Trainer yang berpengalaman dimana diantaranya adalah atlet Equestrian Nasional yang sering mengharumkan nama bangsa pada multievent internasional, seperti Ferry Wahyu Hadiyanto, Yanyan Hadiansah, dan Andri Sutoyo.

"ari ini kita meresmikan sekolah olahraga berkuda yang bertaraf internasional dengan nama Equinara Academy Pulomas dan ini satu hal yang luar biasa. Setahu saya, Equinara Academy Pulomas ini merupakan yang terbesar di Indonesia. Harapannya, kontribusi Equinara Academy dapat meningkatkan prestasi olahraga berkuda," kata Menpora saat memberikan sambutan.

"Saya optimis, dengan adanya Equinara Academy akan menghasilkan atlet berkuda kelas dunia. Dan hal inilah yang kami harapkan, karena itu, pemerintah mengapresiasi atas partisipasi dari masyarakat khususnya pada Direktur Utama PT. Equina Global Prima yang sudah berinisiatif melakukan kegiatan-kegiatan positif untuk membangun olahraga Indonesia. Mudah-mudahan olahraga berkuda kita yang dulu pernah berjaya sekarang akan bangkit kembali,” sambung Menpora.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

20 Ekor Kuda

Untuk memudahkan siswa yang belum memiliki kuda, equinara Academy menyediakan 20 ekor kuda warmblood untuk digunakan di berbagai kelas.

Equinara Academy juga menjalin kerjasama dengan berbagai equestrian akademi terbaik di dunia untuk memberikan extra pengetahuan kepada para siswa dengan menghadirkan pelatih kelas dunia, seperti Longines World Equestrian Academy (Jerman) yang diselenggarakan selama sepekan pada bulan Desember 2019 ini.

"Dengan menggunakan kurikulum berstandar international, Equinara Academy akan menjadi pusat latihan olahraga berkuda yang bertujuan untuk mencetak atlet-atlet muda berprestasi di berbagai Multievent," ujar CEO Equinara, Adinda Yuanita

Adapun Equinara Pulomas Breeding Centre yang berlokasi di DKI Jakarta adalah pengembangbiakan kuda ras warmblood pertama di Indonesia yang terdaftar di organisasi peternakan dunia, World Breeding for Sport Horse (WBSFH).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.