3 Gol Terkeren di Pekan Ke-32 Shopee Liga 1 2019

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 14 Des 2019, 19:00 WIB
Diperbarui 14 Des 2019, 19:00 WIB
3 Gol Terbaik
Perbesar
Shopee Liga 1 - 3 Gol Terbaik (Bola.com/Adreanus Titus)

Jakarta Pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019 telah rampung pada Jumat (13/12/2019). Ada 24 gol tercipta dalam delapan pertandingan pada pekan ke-32 ini. Praktis hanya laga antara Kalteng Putra dan Persipura Jayapura yang berakhir tanpa gol.

Kalteng Putra dan Persipura Jayapura bermain imbang tanpa gol di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Kamis (12/12/2019). Hasil tersebut juga memastikan Laskar Isen Mulang hanya satu musim berada di kasta tertinggi sepak bola Indonesia dan harus kembali terdegradasi ke Liga 2 musim depan.

Kemenangan telak diraih oleh Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta pada pekan ini. Persebaya menang telak 4-1 atas rivalnya sesama klub Jawa Timur, Arema FC, di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (12/12/2019). Sementara Persija menang telak 4-0 atas Madura United di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (13/12/2019) malam.

Persib Bandung, Tira Persikabo, dan Persela Lamongan berhasil mengamankan tiga poin berkat kemenangan tipis 1-0, masing-masing atas Borneo FC, Bali United, dan PSS Sleman. Sementara Barito Putera dan Bhayangkara FC menang dengan skor 3-2, masing-masing atas PSM Makassar dan Badak Lampung FC.

Satu laga lainnya, yang mempertemukan PSIS Semarang dan Semen Padang di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat (13/12/2019), berakhir dengan kemenangan 2-0 untuk tim tuan rumah.

Bola.com kembali memilih tiga gol yang layak diberi predikat terbaik pada pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019.

2 dari 4 halaman

David da Silva

David da Silva - Persebaya
Perbesar
Pemain Persebaya Surabaya, David da Silva. (Bola.com/Aditya Wani)

Striker Persebaya Surabaya ini tampil begitu cemerlang saat menghadapi Arema FC di Stadion Batakan, Balikpapan. Duel bertajuk derbi Jawa Timur yang punya cerita rivalitas antarsuporter tim ini tampaknya memberikan motivasi lebih kepada David da Silva yang berhasil mencetak dua gol dalam pertandingan tersebut.

Gol pertama David da Silva, atau gol kedua Persebaya ke gawang Arema pada pertandingan tersebut, layak diberikan predikat sebagai yang terbaik. Proses terciptanya gol tersebut memperlihatkan betapa berkualitasnya seorang David da Silva sebagai seorang goal hunter.

Menerima bola sapuan dari kotak penalti Persebaya, David da Silva yang berada di tengah lapangan memenangi duel dan menggiring bola hingga ke kotak penalti Arema dengan dikepung tiga pemain lawan.

Pemain asal Brasil itu memenangi duel fisik dengan Hamka Hamzah di kotak penalti Arema dan menembak bola yang tak mampu dihalau oleh kiper Arema, Utam Rusdiana.

3 dari 4 halaman

Samsul Arif

Samsul Arif (Barito Putera)
Perbesar
Penyerang Barito Putera, Samsul Arif, sedih meski akhiri masa paceklik gol. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Barito Putera berhasil mengamankan tiga poin lewat kemenangan 3-2 atas PSM Makassar. Bahkan Laskar Antasari berhasil unggul tiga gol lebih dulu dari tamunya.

Satu dari tiga gol yang diraih Barito Putera, layak mendapatkan predikat terbaik. Gol tersebut dicetak oleh Samsul Arif pada menit ke-22 yang mengantarkan Barito Putera unggul 2-0.

Samsul Arif yang berada di dalam kotak penalti menerima umpan pendek dari Yacob Sayuri. Pemain asal Bojonegoro itu menerima bola sambil membelakangi gawang dan langsung berputar.

Namun, dua pemain PSM Makassar langsung mengadang dan berniat merebut bola. Dengan sebuah goyangan, Samsul Arif mampu membuat bola tetap berada di dalam kekuasaannya dan melepaskan tembakan kaki kiri yang meluncur ke sudut kiri bawah gawang PSM yang dikawal Rifky Mokodompit.

Kemampuan individu Samsul Arif dalam menjaga penguasaan bola di tengah ketatnya penjagaan pemain PSM Makassar dan berakhir dengan tembakan kaki kiri yang mengoyak jala gawang tim lawan membuat gol ini layak menjadi yang terbaik pada pekan ini.

4 dari 4 halaman

Ramdani Lestaluhu

Persija Jakarta Vs Persela Lamongan
Perbesar
Gelandang Persija, Ramdani Lestaluhu, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Persela pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Selasa (20/11). Persija menang 3-0 atas Persela. (Bola.com/Yoppy Renato)

Persija Jakarta memastikan diri tetap bertahan di Liga 1 musim depan lewat kemenangan telak 4-0 atas Madura United pada laga pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019 di SUGBK, Jakarta, Jumat (13/12/2019) malam. Empat gol Persija dicetak oleh Marko Simic yang mencetak hattrick dari titik putih dan satu gol lain dicetak Ramdani Lestaluhu.

Dalam pertandingan ini, memang gol Ramdani Lestaluhu yang bisa masuk dalam kategori gol terbaik lantaran hattrick yang dicetak Simic semua lahir dari titik putih. Hanya Ramdani Lestaluhu yang mengemas gol dari open play.

Tepatnya pada menit ke-26, Ramdani Lestaluhu mendapatkan umpan pendek dari Riko Simanjuntak. Tanpa ragu-ragu Ramdani langsung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang mengarah ke sisi kiri gawang Madura United. Muhammad Ridho tak mampu menghalau dan Persija unggul 2-0 dalam momen tersebut.

Disadur dari Bola.com (penulis Benediktus Gerendo /editor Aning Jati, published 14/12/2019) 

Lanjutkan Membaca ↓