Liputan6.com Tempati Podium Juara Anugerah Jurnalistik Pertamina 2019

Oleh Luthfie Febrianto pada 14 Des 2019, 10:35 WIB
Diperbarui 15 Des 2019, 19:14 WIB
AJP

Liputan6.com, Jakarta - Liputan6.com membawa pulang gelar pada Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2019. Jurnalis Liputan6.com Harley Ikhsan menempati podium teratas pada kategori publikasi olahraga berjudul "Olahraga, Rute Pertamina Menuju Pasar Internasional".

Tulisan tersebut menjadi salah satu pemenang dari total 2.214 karya yang mendaftar AJP 2019. Total ada 35 peraih penghargaan pada ajang tahun ini.

"Selamat kepada para pemenang. Semoga penghargaan ini memacu semangat kepada insan media lain untuk terus berkarya dalam menghasilkan tulisan dan pemberitaan yang berkualitas," kata ungkap Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati dalam sambutannya.

Acara penganugerahan pemenang AJP 2019 berlangsung di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (13/12/2019). Turut hadir Direktur Utama Pertamina periode 2000-2003 Baihaki Hakim, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, dan Corporate Secretary Pertamina Tajudin Noor. Turut memeriahkan acara pedangdut Via Vallen.

AJP 2019 mengusung tema Move On. Selain publikasi olahraga, kategori perlombaan lain adalah hardnews media cetak, feature media cetak, features media online, feature radio, feature televisi, foto essay, foto pilihan juri, publikasi corporate social responsibility (CSR), dan Best of The Best.

Muhammad Nuh memimpin Dewan Juri beranggotakan sembilan orang yang terdiri dari ahli, akademisi, dan praktisi. Mereka menyeleksi ribuan karya yang masuk hingga akhirnya berjumlah 314 untuk bersaing memperebutkan penghargaan AJP 2019.

"Kita ingin pers menulis apa adanya secara obyektif. Yang terpenting adalah substansinya. Masyarakat akan mendapatkan suatu tulisan, baik kritik maupun apresiasi yang bagus dan seimbang. Itu yang kita cari," ungkap penggagas AJP, Baihaki Hakim.

 

2 of 2

Sejak 2001

Pertamina pertama kali menggelar penghargaan jurnalistik pada 2001, ketika itu bernama Pertamina Press Award. Perusahaan berusia 62 tahun tersebut kemudian mulai menggunakan nama perlombaan menjadi AJP pada 2008.

Jurnalis Kompas.id Abdullah Fikri Ashri merebut penghargaan Best of The Best AJP 2019 dengan karya berjudul "Bukan Gatot Kaca Mencari Energi untuk Negeri". Pertamina mengirim pemenang kategori ini untuk mengikuti kursus singkat jurnalistik di luar negeri.

Lanjutkan Membaca ↓