Sukses

Persija Bungkam Madura United, Marko Simic Hattrick Penalti

Kemenangan 4-0 Persija Jakarta atas Madura United juga membuat Macan Kemayoran memastikan diri selamat dari degradasi.

Bekasi - Persija Jakarta berhasil mencetak kemenangan telak 4-0 saat menjamu Madura United dalam laga pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (13/12/2019) malam WIB. Tiga gol penalti Marko Simic plus gol jarak jauh Ramdani Lestaluhu memastikan Macan Kemayoran meraih tiga poin yang memastikan mereka bertahan di Liga 1 pada musim depan.

Persija Jakarta membuka keunggulan pada menit ke-20 lewat eksekusi penalti Marko Simic, setelah sang striker dijatuhkan oleh Jaimerson di kotak terlarang. Striker asal Kroasia itu tanpa ampun mengoyak jala gawang Muhammad Ridho dari titik putih.

Hanya berselang lima menit, Persija Jakarta menggandakan keunggulan lewat gol yang dicetak Ramdani Lestaluhu. Mendapatkan umpan pendek dari Riko Simanjuntak, Ramdani melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa dihalau oleh Ridho.

Persija mendapatkan penalti kedua pada menit ke-29 setelah Jaimerson melanggar Fitra Ridwan di kotak penalti. Marko Simic kembali menjadi eksekutor dan berhasil mencetak gol keduanya dalam laga ini untuk membawa Persija unggul 3-0.

Macan Kemayoran kembali memperbesar keunggulan menjadi 4-0 pada masa injury time babak pertama. Yang menarik, gol ini kembali dicetak oleh Marko Simic dari titik putih. Persija mendapatkan penalti ketiga dalam waktu 45 menit pertama setelah Sandi Darma Sute dilanggar oleh Andik Rendika Rama.

Intensitas permainan di babak kedua masih cukup tinggi. Persija masih berusaha terus menekan pertahanan Madura United. Sementara tim tamu juga berusaha keras keluar dari tekanan dan mencoba bangkit untuk menyerang pertahanan Macan Kemayoran.

Hingga pertandingan berakhir, keunggulan 4-0 untuk Persija Jakarta tetap bertahan. Macan Kemayoran pun dipastikan selamat dari jurang degradasi, di mana Marko Simic dkk. kini mengoleksi 41 poin dari 32 laga, unggul delapan poin dari Badak Lampung FC yang berada di posisi teratas dalam zona degradasi atau peringkat ke-16 dengan hanya tersisa dua pertandingan hingga musim berakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Marko Simic Makin Kukuh

Hattrick Marko Simic dari titik putih dalam laga Persija Jakarta kontra Madura United membuat nama striker asal Kroasia itu makin kukuh di puncak daftar pencetak gol terbanyak Liga 1 2019.

Sebelum pertandingan ini, Marko Simic sudah berada di puncak daftar top scorer dengan 26 gol. Tiga penalti yang didapatkan oleh Persija pun dimanfaatkan oleh Simic untuk memperbesar keunggulannya dari pesaing-pesaingnya, di mana yang terdekat adalah striker asing Persela Lamongan, Alex dos Santos, yang baru mengoleksi 17 gol.

Dengan masih menyisakan dua pertandingan lagi hingga musim berakhir, Marko Simic sudah mengoleksi 29 gol untuk Persija di Liga 1 2019 dan berpeluang untuk mengejar rekor yang dimiliki Sylvano Comvalius, yang menjadi top scorer Liga 1 2017 dengan torehan 37 gol untuk Bali United.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Tony Sucipto, Novri Setiawan (belakang); Fitra Ridwan, Rohit Chand, Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak (tengah); Marko Simic (depan)

Pelatih: Edson Tavares

Madura United (4-4-2): Muhammad Ridho (kiper); Andik Rendika Rama, Ante Bakmaz, Jaimerson Xavier, Marckho Sandi Meraudje (belakang); Slamet Nurcahyono, Syahrian Abimanyu, Zulfiandi, David Laly (tengah); Alberto Goncalves, Aleksandar Rakic (depan)

Pelatih: Rasiman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.