5 Kandidat Lawan Liverpool dan Manchester City di Babak 16 Besar Liga Champions

Oleh Rizki Hidayat pada 13 Des 2019, 19:00 WIB
Diperbarui 13 Des 2019, 19:16 WIB
Kegembiraan Jurgen Klopp Usai Liverpool Taklukkan Everton

Jakarta - Liverpool lolos ke babak 16 besar Liga Champions, sekaligus menjaga peluang mempertahankan trofi juara. Selain The Reds, Manchester City juga lolos ke fase knock-out.

Liverpool menorehkan hasil yang cukup memuaskan di Liga Champions musim ini. Tergabung di Grup E, skuat Si Merah berhasil mengamankan tiket ke-16 besar dengan status juara grup.

Mereka mampu mendulang 13 poin, hasil dari empat kemenangan, satu hasil imbang, dan sekali kalah. Liverpool hanya unggul satu angka atas Napoli yang berada di peringkat kedua.

Performa gemilang juga ditorehkan Manchester City. Menempati Grup C bersama Atalanta, Shakhtar Donetsk, dan Dinamo Zagreb, klub asuhan Pep Guardiola itu finis di posisi teratas.

The Citizens mengoleksi 14 poin hasil dari empat kemenangan dan dua hasil imbang, dari enam pertandingan yang dijalani. Mereka unggul tujuh poin atas Atalanta yang lolos sebagai runner-up.

Kini, kedua klub tersebut menanti calon lawan yang akan dihadapi pada 16 besar Liga Champions. Meski begitu, Liverpool dan Manchester City tak bisa saling berhadapan, atau bersua sesama klub Inggris, yakni Chelsea serta Tottenham Hotspur.

Berdasarkan aturan UEFA, klub yang berasal dari negara atau federasi yang sama tidak boleh bentrok pada 16 besar. Proses undian akan berlangsung di markas besar UEFA, Nyon, Swiss, 16 Desember mendatang.

Lantas, klub mana kah yang berpeluang dihadapi Liverpool dan Manchester City pada 16 besar? Berikut ini adalah perinciannya.

 

2 of 3

Daftar Calon Lawan Liverpool dan Manchester City:

Lumat Dinamo Zagreb, Manchester City Juara Grup C Liga Champions
Pemain Manchester City Gabriel Jesus (kiri) merayakan golnya ke gawang Dinamo Zagreb dengan Phil Foden saat pertandingan Grup C Liga Champions di Stadion Maksimir, Zagreb, Kroasia, Rabu (11/12/2019). Manchester City menang 4-1 dan menjadi juara Grup C Liga Champions. (AP Photo/Darko Bandic)

Liverpool

Vs Atalanta (belum pernah dihadapi)

Vs Atletico Madrid (1 menang; 2 imbang; 1 kalah; 4 gol; 4 kebobolan)

Vs Borussia Dortmund (2 menang; 2 imbang; 1 kalah; 8 gol; 6 kebobolan)

Vs Olympique Lyon (0 menang; 1 imbang; 1 kalah; 2 gol; 3 kebobolan)

Vs Real Madrid (3 menang; 0 imbang; 3 kalah; 7 gol; 7 kebobolan)

Manchester City

Vs Atletico Madrid (belum pernah bertemu)

Vs Borussia Dortmund (0 menang; 1 imbang; 1 kalah; 1 gol; 2 kebobolan)

Vs Olympique Lyon (0 menang; 1 imbang; 1 kalah; 3 gol; 4 kebobolan)

Vs Napoli (0 menang; 1 imbang; 1 kalah; 3 gol; 4 kebobolan)

Vs Real Madrid (0 menang; 2 imbang; 2 kalah; 3 gol; 5 kebobolan)

Sumber: UEFA

Disadur dari Bola.com (Penulis Rizki Hidayat / Editor Aning Jati, Published 13/12/2019)

3 of 3

Video:

Lanjutkan Membaca ↓