Valentino Rossi dan Lewis Hamilton Bertukar Kendaraan, Adu Cepat di Valencia

Oleh Windi.Wicaksono pada 12 Des 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 12 Des 2019, 21:16 WIB
Lewis Hamilton dan Valentino Rossi (Crash)

Liputan6.com, Valencia - Pembalap MotoGP tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi bertukar kendaraan balap dengan pembalap Formula 1 tim Mercedes, Lewis Hamilton dalam event #LH44VR46, Senin (9/12/2019).

Dalam kesempatan itu, Valentino Rossi dan Lewis Hamilton juga adu cepat di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. Rossi mengendarai mobil F1 Merceder W08 EQ Power+, yang mengantarkan Hamilton menjadi juara dunia 2017.

Sementara itu, Hamilton menunggangi motor YZR-M1 versi 2019, yang dipakai Rossi pada MotoGP Valencia November lalu. Kedua ikon balap ini berunjuk gigi dengan kendaraan yang bukan keahlian mereka.

Seperti dilansir Crash, ide untuk bertukar kendaraan balap antara Rossi dengan Hamilton sesungguhnya sudah lama tercetus. Tapi, baru pada Maret lalu rencana ini serius untuk diwujudkan oleh Monster Energy bersama tim yang menaungi Valentino Rossi dan Lewis Hamilton.

Pembalap asal Italia itu mengaku sempat gugup ketika mengendarai Mercedes W08. Padahal, Valentino Rossi pernah menjajal mobil F1 milik tim Scuderia Ferrari pada 2004-2006.

Acara Monster Energy ini berlangsung selama delapan jam, di mana Rossi mendapat kesempatan menjajal mobil F1 lebih dulu. Dia dibantu Hamilton dan kru Mercedes AMG Petronas dengan mendengarkan instruksi dari radio.

Kemudian, giliran Hamilton yang menunggangi motor Yamaha M1 milik The Doctor. Tak lama, Rossi juga ikut mengendarai motor Yamaha M1 lain untuk menemani Hamilton di lintasan.

 

 

2 dari 3 halaman

Tanpa Catatan Waktu

Valentino Rossi
Valentino Rossi saat mengendarai motor tim Monster Energy Yamaha. (Jose Jordan/AFP)

Yang menarik, Rossi lalu mengemudikan W08 lagi, sedangkan Hamilton tetap menunggangi M1 dan mencoba melahap satu lap Sirkuit Ricardo Tormo bersama-sama. Sayang, tidak ada catatan waktu yang dirilis dalam acara itu.

"Saya begitu gugup ketika mencoba mobil ini, apalagi saya menjalani beberapa lap bersama Lewis yang mengendarai motor saya. Saya rasa kami menikmatinya. Beruntung cuacanya bersahabat," jelas Rossi, seperti dilansir Crash.

3 dari 3 halaman

Bersemangat

Hamilton mengaku senang menyaksikan betapa Rossi begitu bersemangat untuk mengendarai mobil F1. Pembalap asal Inggris ini memuji Rossi, yang disebutnya legenda balap yang bersedia mengemudikan mobilnya.

"Saya ikut bersemangat melihatnya menemukan hal menakjubkan dari mobil ini. Ini pertama kalinya ia mengendarai mobil ini. Ini mengingatkan saya kepada momen saya mengendarai mobil F1 untuk pertama kali, meski Vale sudah pernah mengendarai mobil F1, tapi mobil ini 'monster' yang berbeda," terang Hamilton.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓