4 Pemain Ini Hebohkan Pemberitaan Internasional Selama SEA Games 2019

Oleh Hesti Puji Lestari pada 12 Des 2019, 13:00 WIB
Diperbarui 12 Des 2019, 13:00 WIB
Nadeo Argawinata dan Kepa Arrizabalaga

Manila - SEA Games 2019 telah selesai dihelat. Timnas Vietnam U-22 menjadi kampiun di cabang sepak bola antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Sementara Timnas Indonesia U-22 di bawah asuhan Indra Sjafri, harus puas dengan medali perak. Sepanjang SEA Games, banyak atensi masyarakat yang menyoroti cabor sepak bola.

Apalagi, Osvaldo Haay dan kawan-kawan sempat tampil menyakinkan pada babak fase grup. Beberapa di antara fans bahkan menebak peluang Timnas Indonesia U-22 untuk membawa pulang emas cukup besar.

Perhatian tersebut juga berimbas pada sorotan fans terhadap pemain-pemain timnas dari wilayah ASEAN. Pemain Vietnam, Doan Van Hau, menjadi salah satu nama yang banyak perbincangan oleh pencinta sepak bola Tanah Air belakangan ini.

Bek Timnas Vietnam itu dianggap melakukan aksi tidak terpuji kepada pemain Indonesia, Evan Dimas, pada partai final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12/2019).

Van Hau melakukan tekel keras kepada Evan Dimnas pada menit ke-20. Akibat dari tekelnya itu, Evan Dimnas harus ditarik keluar dan oleh Syahrian Abimanyu.

Setelah Evan Dimas keluar, permainan Timnas Indonesia disebut berubah. Timnas Indonesia U-22 kehilangan sosok jendral lapangan tengah dalam laga tersebut.

Suporter Indonesia kemudian menyerbu akun Instagram Doan Van Hau. Kolom komentar Van Hau pada unggahan terakhirnya, Minggu (1/12/2019), dipenuhi oleh netizen Indonesia yang murka dengan aksinya yang mencederai Evan Dimas.

Van Hau menjadi pemain yang banyak diperbincangkan pencinta sepak bola Tanah Air. Termasuk Van Hau, Bola.com telah merangkum sederet pemain timnas di wilayah ASEAN yang turut mengguncang pemberitaan sepanjang SEA Games 2019.

 

2 dari 5 halaman

1. Nadeo Argawinata

Timnas Indonesia U-22 Vs Singapura U-22
Kiper Timnas Indonesia U-22, Nadeo Argawinata, memberikan instruksi saat melawan Singapura U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11). Indonesia menang 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kiper Timnas Indonesia U-22, Nadeo Argawinata, menjadi bahasan menarik sepanjang dihelatnya SEA Games 2019. Kiper Borneo FC itu disebut memiliki wajah yang mirip dengan kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga.

Bukan hanya media Tanah Air yang merasa keduanya mirip. Beberapa media asal Vietnam dan Thailand juga mengakui kemiripan keduanya.

Media-media internasional itu turut memberitakan kemiripan angtara Nadeo dengan Kepa. Bahkan, nama Nadeo Argawinata lebih dikenal sebagai Nadeo "Kepa" Argawinata di negara-negara kawasan Asia Tenggara.

3 dari 5 halaman

2. Osvaldo Haay

Timnas Indonesia U-22 Vs Thailand
Gelandang Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Thailand pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (26/11). Indonesia menang 2-0 atas Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bukan hanya Nadeo Argawinata, Osvaldo Haay juga menjadi bahan perbincangan internasional sepanjang SEA Games 2019. Penyerang Persipura Jayapura itu tampil apik di lini depan Garuda Muda.

Ia juga menjadi nama yang sering disebut oleh pelatih Timnas lainnya. Pelatih Myanmar, Velizar Popov dan pelatih Vietnam, Park Hang-seo, pernah mengatakan Osvaldo adalah pemain yang cukup merepotkan.

Pernyataan dua pelatih tersebut tak berlebihan. Osvaldo Haay berhasil masuk dalam jajaran top skorer SEA Games 2019. Atas prestasinya itu, Osvaldo Haay juga kerap masuk dalam pemberitaan media-media di Asia Tenggara.

4 dari 5 halaman

3. Nguyen Thanh Chung

Timnas Indonesia U-22 Vs Vietnam U-22
Para pemain Vietnam U-22 merayakan gol yang dicetak Doan Van Hau ke gawang Timnas Indonesia U-22 pada laga final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12). Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Nguyen Thanh Chung merupakan bek andalan Vietnam selama SEA Games 2019. Thanh Chung menjadi pemain yang sering diperbincangkan, terutama oleh pencinta sepak bola Indonesia.

Bagaimana tidak, bek yang memiliki tinggi badan 182 cm itu disebut cukup berbahaya membantu serangan. Thanh Chung bahkan membantu Vietnam menjadi finalis AFC U-23 tahun 2018.

Pada level klub, dia juga memenangkan Liga Vietnam sebanyak dua kali (2016 dan 2018) dan Piala Super Vietnam (2018). Nguyen Thanh Chung juga menjadi nama yang sering disebut-sebut dalam pemberitaan.

Biasanya, media-media Asia Tenggara bakal memasukkan nama Nguyen Thanh Chung sebagai pemain yang patut diwaspadai.

5 dari 5 halaman

4. Doan Van Hau

Timnas Indonesia U-22 Vs Vietnam U-22
Para pemain Vietnam U-22 merayakan gol yang dicetak Doan Van Hau ke gawang Timnas Indonesia U-22 pada laga final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12). Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Nama Doan Van Hau masih hangat di telinga pencinta sepak bola Tanah Air. Aksi tak terpujinya kepada Evan Dimas pada laga final jadi sorotan.

Van Hau melakukan tekel keras pada kaki kiri Evan Dimas saat laga final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12/2019). Akibat tekelnya itu, Evan Dimas mengalami cedera dan ditarik keluar.

Sampai saat ini, Evan Dimas masih menjalani pemulihan akibat tekel yang dilakukan Van Hau tersebut. Van Hau menjadi pemain yang banyak diperbincangkan oleh pencinta sepak bola Tanah Air. 

Disadur dari Bola.com (Hesti Puji Lestari/Yus Mei Saiwtri, published 12/12/2019) 

Lanjutkan Membaca ↓