Deretan Pemain Timnas Indonesia U-22 Yang Kurang Kinclong Lawan Vietnam

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 11 Des 2019, 09:48 WIB
Diperbarui 11 Des 2019, 09:48 WIB
Timnas Indonesia U-22
Perbesar
Pemain Timnas Indonesia saat melawan Vietnam pada laga final di Stadion Rizal Memorial di Manila, Selasa (10/12/2019). (Bola.Com/M Iqbal Ichsan)

Jakarta - Timnas Indonesia U-22 hanya meraih medali perak di SEA Games 2019. Padahal sepanjang turnamen, Garuda Muda selalu tampil menawan.

Saddil Ramdani dkk. kalah telak tiga gol tanpa balas dari Vietnam dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa malam (10/12/2019).

Sempat menguasai jalannya laga, permainan Timnas Indonesia U-22 menurun drastis setelah Vietnam mencetak gol pertama melalui Doan Van Hau pada menit ke-39.

Ketika ingin bangkit pada paruh kedua, tim asuhan pelatih Indra Sjafri ini malah kembali kebobolan dua kali, lewat Do Hung Dung pada menit ke-59 dan gol kedua Han Vau menit ke-72.

Vietnam terlalu tangguh bagi Timnas Indonesia U-22. Jangankan membuat gol, untuk menembus pertahanan lawan sekalipun terlihat berat untuk Skuat Garuda.

Timnas Indonesia U-22 tercatat hanya dua kali melayangkan tendangan ke arah gawang Vietnam. Bandingkan dengan tim besutan pelatih Park Hang-seo, yang melancarkan empat tendangan yang tepat sasaran.

Dari pemain-pemain yang diturunkan pelatih Indra Sjafri dalam laga final ini, ada pemain yang terlihat sedang tidak dalam performa terbaik, tidak seperti laga-laga sebelumnya, atau sedang off day. Siapa saja mereka?

Berikut Bola.com merangkum tiga pemain yang sedang off day saat Timnas Indonesia U-22 meladeni Vietnam:

2 dari 5 halaman

Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata
Perbesar
Kiper Timnas Indonesia U-22, Nadeo Argawinata, memberikan instruksi saat melawan Singapura U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11). Indonesia menang 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Penampilan Nadeo Argawinata ketika Timnas Indonesia U-22 kalah dari Vietnam di laga final dianggap mengecewakan. Mulanya, performa Nadeo dieluk-elukkan di babak penyisihan.

Namun, penjaga gawang Borneo FC tersebut antiklimaks di semifinal dan final SEA Games 2019. Puncaknya, ketiga gawangnya dibobol dua kali oleh Doan Van Hau dan Do Hung Dung di partai puncak.

3 dari 5 halaman

Osvaldo Haay

Osvaldo Haay
Perbesar
Striker Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Singapura U-22 dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11/2019). Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Osvaldo Haay mati kutu di lini belakang Timnas Indonesia U-22. Performanya bertolak belakang dibanding selama di babak penyisihan.

Osvaldo, yang diplot sebagai penyerang tengah oleh pelatih Indra Sjafri, gagal memberikan kontribusi positif bagi Timnas Indonesia U-22 di partai final. Winger Persebaya Surabaya ini terisolasi setelah kurang mendapatkan dukungan dari lini tengah.

4 dari 5 halaman

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam
Perbesar
Bek Thailand Saringkan Promsupa beradu cepat dengan bek Timnas Indonesia U-22 Asnawi Mangkualam pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (26/11/2019). Indonesia menang 2-0 atas Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Asnawi Mangkualam membuat pelanggaran berbahaya saat menekel pemain Vietnam pada menit ke-39. Lantaran kejadian itu, tim arahan pelatih Park Hang-seo itu berhasil membuka keran gol melalui sundulan Doan Van Hau.

Penampilan Asnawi juga tidak seperti biasanya. Bek berusia 20 tahun ini terlihat jarang membantu serangan. Pergerakan-pergerakan menusuk ke kotak penalti yang sering diperagakannya sebelumnya, tak banyak terjadi ketika menghadapi Vietnam.

Disadur dari: Bola.com (penulis M. Adiyaksa, editor Aning, published 11/12/2019)

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓