Sukses

Prediksi Barito Putera Vs PSM Makassar: Mencari Pelampiasan

Sementara itu, PSM Makassar terkesan kehilangan determinasi dan motivasi menjalani laga sisa kompetisi. Selain terkendala absennya sejumlah pilar, kabarnya kondisi internal tim beralias Juku Eja ini juga diterpa rumor keterlambatan pembayaran gaji pemain.

Jakarta - Barito Putera akan menantang PSM Makassar dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan ke-31. Laga akan digelar petang nanti di Stadion Demang Lehman.

Kans Barito Putera untuk meraih kemenangan terbuka lebar. Pasalnya, sang lawan masih puasa kemenangan di kandang lawan. Terlebih, tim berjulukan Laskar Antasari tersebut membutuhkan poin penuh lantaran masih belum aman dari ancaman degradasi.

"PSM Makassar adalah tim papan atas. Mereka memiliki materi pemain andal di setiap lini. Jadi, kami harus mewaspadai mereka," ujar pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman.

"Secara materi pemain, mereka bagus semua. Walaupun hasil tandang PSM Makassar tidak terlalu istimewa. Tapi, kami tetap harus mempersiapkan tim secara maksimal," kata pria yang akrab dipanggil Djanur tersebut.

Djanur mengatakan, jarak antarlaga yang pendek membuat Barito Putera tidak punya waktu persiapan yang panjang. Alhasil, Laskar Antasari tak akan banyak melakukan perubahan dari pertandingan sebelumnya.

Barito Putera juga masih kehilangan dua pemainnya. Pasalnya, Muhammad Riyandi dan Evan Dimas Darmono belum pulang dari SEA Games 2019 untuk membela Timnas Indonesia U-22.

"Persiapan singkat. Tidak terlalu banyak yang akan kami buat. Kami tidak akan melakukan banyak perubahan," tutur Djanur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PSM Pincang

Sementara itu, PSM Makassar terkesan kehilangan determinasi dan motivasi menjalani laga sisa kompetisi. Selain terkendala absennya sejumlah pilar, kabarnya kondisi internal tim beralias Juku Eja ini juga diterpa rumor keterlambatan pembayaran gaji pemain.

Posisi mereka yang relatif aman di klasemen serta tiket Piala AFC yang sudah di tangan juga menjadi alasan tersendiri. Dalam situasi sulit seperti ini, tak banyak yang bisa dilakukan pelatih PSM, Darije Kalezic, selain berharap pemainnya tetap tampil normal.

Pada berbagai kesempatan, Darije selalu berkilah skuatnya bisa mengalahkan tim mana pun kalau bermain normal. "Kami hanya sering kehilangan fokus dan konsentrasi sehingga membuat kesalahan sendiri. Terutama di laga tandang," kata Darije.

Hasil laga tandang PSM memang terbilang minor. Juku Eja jadi satu-satunya tim yang tak pernah menang di markas lawan musim ini. Dari 15 partai tadang, PSM tiga kali bermain imbang dan menelan 12 kekalahan.

Menghadapi Barito Putera, lini belakang PSM sedikit timpang. Hasim Kipuw terjerat akumulasi kartu. Padahal, selama ini, Kipuw jadi pengganti sepadan buat Abdul Rahman yang masih bergelut dengan cedera.

Penampilan lini tengah PSM tak lagi aktraktif setelah Wiljan Pluim pulang ke Belanda untuk penyembuhan cedera. Karena tipikal penampilan Rizky Pellu, Marc Klok, dan Rasyid Bakri lebih pas sebagai gelandang jangkar.

Kondisi serupa terjadi di lini depan. Amido Balde dan Ferdinand Sinaga yang bergantian tampil, tak lagi mencetak gol pada empat laga terakhir.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Barito Putera (4-2-3-1): Adhitya Harlan (kiper); Andri Ibo, Dandi Maulana, Donni Monim, Ronny Beroperay (tengah); Bayu Pradana, Kosuke Uchida; Rizky Pora, Samsul Arif, Rafael Silva (tengah); Francisco Torres (depan).

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Beny Wahyudi, Aaron Evans, Raphael Maitimo, Taufik Hidayat (belakang); Marc Klok, Rizky Pellu, Rasyid Bakri (tengah); Rizky Eka, Amido Balde, Ezra Walian (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

Disadur dari: Bola.com (penulis M. Adiyaksa, editor Wiwig, published 11/12/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.