Vietnam Pertaruhkan Harga Diri Lawan Timnas Indonesia U-22

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 09 Des 2019, 21:20 WIB
Diperbarui 09 Des 2019, 21:20 WIB
Timnas Vietnam U-22

Manila- Pelatih Vietnam, Park Hang-seo sudah tak sabar untuk menjalani pertandingan final SEA Games 2019 melawan Timnas Indonesia U-22 yang bakal digelar Selasa (10/12/2019). Pelatih asal Korea Selatan itu  menyebut duel final ini sebagai pertaruhan harga diri buat Vietnam.

Vietnam melaju ke final SEA Games 2019 setelah mengalahkan Kamboja dengan skor 4-0. Kemenangan itu mengantarkan Vietnam kembali bersua dengan Timnas Indonesia U-22 yang lolos ke final setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 4-2.

Park Hang-seo mengakui, laga final ini sangat krusial buat Vietnam. Mereka bertekad menyegel medali emas SEA Games untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

"Sekarang, kami selangkah lagi menjadi juara. Hanya satu langkah lagi. Vietnam telah mencoba menjadi juara sebanyak 29 edisi dan ini merupakan percobaan ke-30," kata Park Hang-seo dalam konferensi pers menjelang laga, Senin (9/12/2019).

"Saat ini, seluruh rakyat Vietnam, pemain, dan pelatih, mempertaruhkan semuanya untuk ini. Kami akan melakukannya untuk juara," tegas pelatih berusia 60 tahun itu.

Pertandingan ini menjadi pertemuan kedua di SEA Games 2019. Vietnam sebelumnya berhasil mengalahkan Timnas Indonesia U-22 dengan skor 2-1 pada laga penyisihan Grup B. Namun, catatan itu tak membuat Vietnam jemawa.

"Sebelum saya ke sini, saya sudah mengadakan rapat dengan pemain untuk menyaksikan video pertandingan Timnas Indonesia U-22. Kami menganalisis pertandingan dan permainan Indonesia," ujar Park Hang-seo.

2 dari 3 halaman

Dukungan Seluruh Rakyat

Sempat Unggul Timnas Indonesia U-22 Akhirnya Kalah dari Vietnam U-22
Gelandang Timnas Indonesia U-22, Egy Maulana, menghindari tekel saat melawan Vietnam U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (1/12/2019). Indonesia kalah 1-2 dari Vietnam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Park Hang-seo juga menyampaikan, seluruh rakyat Vietnam bersatu untuk memberikan dukungan kepada Ha Cuc Chinh dkk. melawan Indonesia. Hal itu disampaikan secara langsung oleh Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc.

"Perdana Menteri Vietnam mengirimkan pesan kepada saya dan pemain. Isinya adalah semua rakyat Vietnam selalu berada di sisi kami dan memberikan dukungan," ujar Park Hang-seo.

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus Harahap/Wiwig P, published 9/12/2019)

3 dari 3 halaman

Laporan Bola.com dari Filipina

Timnas Indonesia U-22 - Laos
Sejumlah penggawa Timnas Indonesia U-22 merayakan gol ke gawang Laos yang dicetak oleh Osvaldo Haay. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

 

Lanjutkan Membaca ↓