Menpora Bakal Dukung Langsung Timnas Indonesia U-22 di Final SEA Games 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 09 Des 2019, 10:15 WIB
Diperbarui 09 Des 2019, 10:15 WIB
Menpora Zainudin Amali

Jakarta - Menpora Indonesia Zainudin Amali berencana menyaksikan Timnas Indonesia U-22 saat melakoni final cabor sepak bola putra SEA Games 2019. Timnas Indonesia U-22 bakal melawan Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa malam (10/12/2019).

Kehadiran Menpora pada dua kesempatan SEA Games bakal mencetak sejarah di pemerintahan.

Menpora Zainudin Amali sebelumnya sudah hadir dalam upacara pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Sabtu (30/11/2019). Menteri Olahraga biasanya diwajibkan hadir dalam event pembukaan SEA Games.

Namun, menteri biasanya hanya akan datang pada satu kesempatan, khususnya jika pesta olahraga di kawasan ASEAN ini digelar di negara lain. Berhubung pertandingan Timnas Indonesia U-22 di final SEA Games 2019 dinilai terasa spesial, Zainudin Amali mendapat restu Presiden Joko Widodo untuk menyaksikan momen bersejarah tersebut.

"Pak Menteri, Insyaallah besok pagi sudah mendarat di Manila. Beliau akan menonton final sepak bola. Ini baru pertama kali dalam sejarah seorang menteri hadir dalam dua kesempatan SEA Games," kata Gatot S Dewa Broto, Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora).

"Biasanya menteri hadir pada upacara pembukaan saja. Kalau diizinkan oleh Presiden, berarti baru pertama kali seorang menpora hadir pada pembukaan dan menjelang penutupan," ujar Gatot.

2 dari 2 halaman

Final Spesial

Timnas Indonesia U-22
Sejumlah penggawa Timnas Indonesia U-22 merayakan gol ke gawang Laos yang dicetak oleh Osvaldo Haay. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Pertandingan final cabang olahraga sepak bola antara Timnas Indonesia U-22 versus Vietnam di SEA Games 2019 tentu krusial karena jadi puncak perjuangan selama ini.

Tim Merah-Putih bertekad memutus rantai negatif, yakni belum lagi mampu meraih medali emas SEA Games dari cabang olahraga sepak bola dalam 28 tahun terakhir.

Apalagi Manila, Filipina memiliki tempat spesial buat Timnas Indonesia U-22. Stadion Rizal Memorial merupakan tempat terakhir medali emas diraih cabang olahraga sepak bola, pada edisi 1991.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Aning Jati, published 8/12/2019) 

 

Lanjutkan Membaca ↓