Fans Barcelona Harus Bersiap, Messi Pensiun Musim Depan?

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 08 Des 2019, 20:10 WIB
Diperbarui 08 Des 2019, 20:10 WIB
Persiapan Pemain Barcelona Jelang Hadapi Dortmund
Perbesar
Pemain Barcelona Lionel Messi berbincang dengan Luis Suarez saat berlatih jelang menghadapi Borussia Dortmund pada pertandingan Grup F Liga Champions di Sant Joan Despi, Spanyol, Selasa (26/11/2019). Barcelona mengincar kemenangan demi memastikan tiket 16 besar lebih awal. (AP Photo/Joan Monfort)

Liputan6.com, Barcelona - Manajer Barcelona, Ernesto Valverde, menyatakan bahwa tim terutama penggemar harus mempersiapkan diri jika bintang mereka Lionel Messi pensiun.

Menurut Valverde, pembicaraan tentang kehidupan superstar Argentina sebenarnya sudah lama berlangsung. Valverde merasa akan sulit bagi penggemar jika mendengar Messi pensiun. 

Masa depan Messi sempat memicu spekulasi setelah ia berhasil meraih penghargaan Ballon d'Or keenamnya pada pertengahan minggu lalu. Saat itu Messi menyatakan bahwa para penggemar harus menikmati saat-saat ini, karena pensiun saya semakin dekat. 

Komentar Messi kemudian ditanggapi sang manajernya, yang mengatakan bahwa ini merupakan hak istimewa untuk bekerja dengan Messi. 

"Itu wajar dan normal (untuk berbicara tentang pensiun)," kata Valverde kepada wartawan, seperti dilansir Diario AS. "Leo [Messi] berusia 32, meskipun saya tidak berpikir dia akan pensiun sekarang," katanya. 

2 dari 3 halaman

Beruntung

Ernesto Valverde - Barcelona
Perbesar
Pelatih Barcelona Ernesto Valverde memberikan instruksi kepada pemainnya saat menghadapi Inter Milan pada matchday kedua Grup F Liga Champions di Camp Nou, Kamis (3/10/2019) dini hari WIB. Barcelona menang 2-1.(AP Photo/Joan Monfort)

"Kita seharusnya tidak segila berpikir tentang ini, tetapi kita harus mempertimbangkannya," katanya. 

"Semua orang berpikir tentang pensiun ketika mereka mencapai usia tertentu, dan hanya karena dia memikirkannya bukan berarti dia akan pensiun dalam tiga hari." 

"Saya sadar betapa beruntungnya saya telah melatih Leo, tetapi kadang-kadang ketika Anda bekerja keras setiap hari Anda tidak diizinkan untuk menikmati hal-hal ini."

3 dari 3 halaman

Cetak Hattrick

Antoine Griezmann
Perbesar
Selebrasi striker Barcelona Antoine Griezmann setelah mencetak gol melawan Real Mallorca di Camp Nou, Sabtu (7/12/2019) atau Minggu dini hari WIB. (AP Photo/Joan Monfort)

Messi sukses membawa Barcelona pada pertandingan lanjutan La Liga lawan Real Mallorca akhir pekan ini. Barcelona menggulung Real Mallorca 5-2 di Camp Nou, Minggu (8/12/2019) dini hari WIB.

Messi mencetak tiga gol pada menit ke-18, 41, dan 83. Dua gol lainnya dibuat Antoine Griezmann ('7) dan Luis Suarez ('43)

Lanjutkan Membaca ↓