Indra Sjafri: Timnas Indonesia U-22 di Puncak Performa pada Final SEA Games 2019

Oleh Zulfirdaus HarahapBenediktus Gerendo Pradigdo pada 07 Des 2019, 21:20 WIB
Diperbarui 07 Des 2019, 22:16 WIB
Timnas Indonesia U-22 Vs Myanmar U-22

Manila - Timnas Indonesia U-22 lolos ke final sepak bola SEA Games 2019 setelah menang dramatis 4-2 atas Myanmar di semifinal yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12/2019). Pelatih Indra Sjafri optimistis puncak performa timnya akan terlihat dalam pertandingan final, Selasa (10/12/2019).

Timnas Indonesia U-22 bermain dramatis setelah sempat unggul 2-0 lebih dulu lewat gol Evan Dimas Darmono pada menit ke-58 dan Egy Maulana Vikri pada menit ke-71. Namun, Myanmar mampu menyamakan kedudukan lewat dua gol pada menit ke-79 dan 80' yang dicetak dua pemain pengganti, Aung Kaung Mann dan Win Naing Tun.

Setelah kedudukan imbang 2-2 bertahan hingga waktu normal 90 menit, pertandingan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu, di mana Tim Garuda Muda akhirnya mampu mencetak dua gol tambahan lagi lewat Osvaldo Haay pada menit ke-101 dan Evan Dimas pada menit ke-113.

Kemenangan 4-2 itu membuat Indra Sjafri begitu gembira. Dengan melajunya Tim Garuda Muda ke final sepak bola SEA Games 2019, Indra Sjafri optimistis periodisasi yang sudah dipersiapkan olehnya akan membuat Andy Setyo Nugroho dkk. memperlihatkan performa terbaik pada laga final nanti, di mana Indonesia masih menunggu pemenang semifinal lain antara Vietnam dan Kamboja.

"Pertandingan ini secara permianan lebih baik dari pertandingan-pertandingan sebelumnya. Mudah-mudahan sesuai dengan periodisasi persiapan Timnas Indonesia U-22 dan performa puncaknya bakal 100 persen di pertandingan final," ujar Indra Sjafri usai laga.

"Kami menunggu siapa pun yang hadir di final sebagai lawan kami. Kami akan hadapi. Saya hanya memikirkan satu hal, karena sejak awal memang ditugasi untuk meraih medali emas, bismillah," lanjut pelatih Timnas Indonesia U-22 itu.

 

2 dari 3 halaman

Akui Laga Berjalan Dramatis

Indra Sjafri pun mengakui pertandingan yang dijalani Timnas Indonesia U-22 kontra Myanmar memang benar-benar dramatis. Apalagi dua pemain Myanmar yang masuk saat tertinggal benar-benar memperlihatkan kontribusi nyata lewat dua gol yang mereka ciptakan.

Namun, Indra Sjafri bersyukur anak-anak asuhnya bisa memastikan diri Indonesia melangkah ke partai puncak sepak bola SEA Games 2019.

"Berkat izin Allah, Indonesia masuk final. Dengan perpanjangan waktu tadi, saya rasa ini pertandingan yang dramatis. Ketika unggul 2-0, sebenarnya kami bisa menang lebih awal. Namun, sepak bola memang begitu, karena ada sedikit kelengahan justru menjadi 2-2," ujar Indra Sjafri.

 

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

UEFA Bantah Pemuncak Klasemen Sementara Liga Jadi Juara