Timnas Indonesia U-22 Subur di SEA Games 2019, Indra Sjafri Bungkam Tukang Kritik

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 07 Des 2019, 07:30 WIB
Diperbarui 09 Des 2019, 07:13 WIB
Timnas Indonesia U-22 Vs Singapura U-22

Jakarta - Timnas Indonesia U-22 menunjukkan produktivitas tinggi selama mengarungi SEA Games 2019. Pelatih Indra Sjafri pun mengaku puas karena sukses menepis keraguan yang sempat menyerangnya.

Indra Sjafri sempat mendapatkan kritikan ketika hanya memutuskan membawa seorang penyerang murni dalam SEA Games 2019, yakni Muhammad Rafli. Namun, ternyata Timnas Indonesia U-22 berhasil menjadi tim yang produktif di SEA Games edisi ke-30 itu.

Tim Merah Putih mencetak 17 gol dalam lima laga yang sudah dimainkan. Sebanyak 7 gol dari jumlah tersebut disumbang oleh Osvaldo Haay, pemain yang sebenarnya bukan seorang penyerang murni.

"Saya masih ingat pembentukan tim ini banyak menuai kritik yang diberikan oleh pengamat dan media. Ketika itu Timnas U-22 disebut ke SEA Games tanpa ada penyerang yang mumpuni," kata Indra Sjafri.

"Sekarang para pemain sudah membuktikan dengan 17 gol. Apa resepnya? Nanti di Jakarta akan saya kasih tahu ketika event ini selesai," ujar Indra Sjafri.

Laga melawan Myanmar diprediksi tak akan berlangsung mudah buat Timnas Indonesia U-22. Pada pertemuan terakhir, Osvaldo Haay dkk harus puas bermain imbang 1-1 melawan Myanmar di penyisihan grup Piala AFF U-22 2019.

2 dari 3 halaman

Motivasi Meningkat

Timnas Indonesia U-22 - Laos
Sejumlah penggawa Timnas Indonesia U-22 merayakan gol ke gawang Laos yang dicetak oleh Osvaldo Haay. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Pelatih Indra Sjafri juga mengaku motivasi para pemainnya meningkat setelah melaju ke semifinal SEA Games 2019. Namun, pelatih asal Sumatra Barat itu berharap peak performance anak asuhnya muncul di pertandingan final.

"Tidak hanya motivasi pemain yang meningkat, setiap pelatih memiliki periodisasi persiapan yang memungkinkan peak performance di semifinal atau final. Jadi, tim ini makin bagus dan di final. Saya berharap performanya semakin baik dan mencapai puncaknya nanti di final," ucap Indra Sjafri.

"Satu hal yang paling penting untuk Timnas Indonesia U-22 adalah recovery. Tim dokter, saya, dan fisio sedang bekerja keras untuk memastikan pemain betul-betul bugar untuk pertandingan besok sore," ujar Indra Sjafri.

 

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Benediktus Gerendo Pradigdo, published 6/12/2019)

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Alex Marquez Juarai MotoGP Virtual