Dituduh Rasis, Media Italia Bikin Heboh Jelang Duel Inter Milan vs AS Roma

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 06 Des 2019, 02:00 WIB
Diperbarui 06 Des 2019, 08:17 WIB
Inter-Milan-AS-Roma-Liga-Italia

Jakarta - Inter Milan meladeni AS Roma pada lanjutan Serie A 2019/2020, di Stadion Giuseppe Meazza, Sabtu (7/12/2019) dini hari WIB. Alih-alih fokus ke pertandingan, publik dibuat heboh dengan pemberitaan media yang sangat negatif.

Adalah Corrie dello Sport yang jadi biang keladi dengan menulis headline bertuliskan 'Black Friday'. Judul tersebut menjadi bahan kritikan karena dibarengi dengan pemasangan foto Romelu Lukaku dan Chris Smalling.

Kedua pemain sama-sama baru saja merasakan atmosfer sepak bola Italia musim ini. Selain itu, kedua pemain juga berasal dari klub yang sama yakni Manchester United. Lukaku bergabung dengan Inter Milan, sementara Smalling bermain untuk AS Roma dengan status pinjaman.

Setelah koran tersebut beredar, banyak yang menganggap tajuk 'Black Friday' tersebut mengandung unsur rasialisme. Seolah-olah menyindir satu di antara warna kulit kedua pemain tersebut.

Memang belum diketahui secara pasti apa maksud dari tajuk tersebut. Belum ada konfirmasi dari pihak Corrie dello Sport tentang maksud dari istilah 'Black Friday' tersebut.

Rasialisme menjadi beban bagi pemain kulit hitam Serie A. Beberapa pemain seperti Lukaku dan Mario Balotelli sering mendapatkan perlakuan berbau rasialis musim ini. Bahan, kasus rasialisme pernah menyerang Lukaku pada awal kariernya bersama Inter Milan.

Seperti apa reaksi publik atas tajuk di media Italia yang dinilai bernada rasial tersebut? Berikut ini beberapa komentar di antaranya. 

2 dari 2 halaman

Komentar

"Sepak bola adalah hasrat, budaya, dan persaudaraan. Kami dan akan selalu menentang segala bentuk diskriminasi. #BUU#BrothersUniversallyUnited#NoToDiscrimination#FCIM."

"Berlagak tuli, bebal & dengan nada rasial yang biasa. Mengatakan saya terkejut adalah kebohongan pada saat ini. Sangat memalukan bagi @CorSport menggunakan judul ini untuk pertandingan Jumat antara Inter dan Roma."

"Halaman depan yang mengejutkan oleh Il Corriere dello Sport saat mereka menggambarkan Lukaku akan melawan Smalling di pertandingan Jumat malam sebagai 'Black Friday'."

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Faozan Tri Nugroho/Editor: Yus Mei Sawitri, published 5/12/2019)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Chelsea Bidik Neuer di Transfer Musim Panas Ini