Sukses

Berstatus Kapten Persija U-16, Atlet Ini Rebut Medali Cabor Muaythai SEA Games 2019

Muhammad Uchida Sudirman merupakan kapten Persija Jakarta U-16 dan juga atlet muaythai nasional yang merebut perunggu di SEA Games 2019.

Liputan6.com, Manila - Pencapaian unik diraih Muhammad Uchida Sudirman dalam ajang SEA Games 2019 di Filipina. Uchida merebut medali perunggu cabang olahraga muaythai dalam ajang dua tahunan tersebut.

Padahal, status Uchida sekarang adalah kapten Persija Jakarta U-16. Prestasi ini tergolong unik, karena Uchida ternyata mampu menggeluti dua bidang olahraga secara serius.

Turun di nomor wai kru alias seni dalam cabor muaythai SEA Games 2019, Uchida mampu menduduki peringkat ketiga bersama rekannya, Lorens Walun, setelah mengumpulkan 8,84 poin. Uchida tampil di Subic Bay and Convention Center.

Perolehan poin yang dicapai Uchida dan Walun hanya kalah dari pasangan atlet Malaysia, Hatem Ramijam/Mohamad Ismail dan wakil tuan rumah, Jearome Calica/Joemar Gallaza, yang berurutan mendapat emas dan perak.

Torehan Uchida di bidang olahraga seni bela diri sebenarnya bukan hal yang baru. Dia diketahui telah menjadi atlet muaythai sejak 2015. Bahkan, dia sudah mempelajari bela diri sejak berusia delapan tahun.

Ayah Uchida, Sudirman Kadir Nur, dikenal juga sebagai mantan atlet karate nasional. Pemain yang pernah berseragam Timnas Indonesia U-16 ini mengaku sudah mendapat izin dari Persija untuk ikut SEA Games 2019 di Filipina.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kontrak Profesional

"Sejak saya mendapat kontrak profesional dari Persija, saya menjadi fokus ke sepak bola," ungkap Uchida, seperti dilansir situs resmi Persija.

"Dua olahraga ini, sepak bola dan beladiri, sebenarnya sama-sama kontak fisik. Jadi, terdapat keterikatan dan menunjang saya untuk menekuni keduanya," beber Uchida.

 

3 dari 3 halaman

Geluti Wushu

Sebelumnya, saat masih menginjak usia delapan tahun, atlet kelahiran Jakarta, 25 Maret 2003 tersebut juga sempat menggeluti olahraga seni bela diri wushu. Bahkan, pada 2010 Uchida meraih perunggu di Kejuaraan Dunia Wushu Yunior di Beijing, Tiongkok.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.