Sukses

Rapor Mourinho di MU Masih Lebih Baik dari Solskjaer

Kinerja Jose Mourinho di Manchester United (MU) seakan terus membayangi Ole Gunnar Solskjaer.

Manchester - Jose Mourinho sudah hampir setahun meninggalkan Manchester United (MU). Saat ini, pelatih yang akrab dijuluki The Special One itu juga sudah menangani Tottenham Hotspur. 

Namun kehadiran Mourinho di Premier League membuat namanya kembali dikaitkan dengan MU. Sosok Mou seakan terus membayangi pelatih Setan Merah, Ole Gunnar Solskjaer. 

Meski akhirnya dipecat, statistik Mourinho ternyata sedikit lebih baik ketimbang Solksjaer. Dalam 50 laga terakhirnya bersama MU, Mourinho meraih lebih banyak kemenangan.

Sebanyak 27 kemenangan didapat Mourinho dari 50 laga terakhir bersama Manchester United. Ia menelan 13 kali kekalahan dan sisanya berakhir imbang.

Manajemen klub melihat performa tersebut tidak cukup sehingga akhirnya pelatih asal Portugal itu dipecat. Ia lalu digantikan oleh Ole Gunnar Solksjaer yang ironisnya, tidak lebih baik dalam 50 laga perdana di MU.

Solksjaer hanya memenangi 24 pertandingan, menelan 14 kekalahan, dan sisa 12 laga lainnya berakhir imbang. Namun demikian, Ole unggul soal jumlah gol.

Jose Mourinho hanya berhasil mencetak 76 gol, sedangkan Ole sukses melesakkan 77 gol. Akan tetapi, Manchester United di bawah Solksjaer kebobolan sebanyak 56 kali, sementara Setan Merah di bawah kendali Mourinho kebobolan 51 kali.

Ini menjadi catatan yang seharusnya membuat Mourinho lebih percaya diri jelang lawatannya ke Old Trafford dini hari nanti. Tottenham Hotspur juga berhasil memenang tiga laga perdana, satu di antaranya diraih di pentas Liga Champions.

Tottenham menang 3-0 pada pertandingan terakhirnya di Old Trafford bulan Agustus kemarin. Buat Mourinho, ini menjadi standar yang minimal harus ia samai.

Satu hal minor yang mengiringi perjalanan Mourinho bersama Spurs adalah lemahnya pertahanan. Dari tiga pertandingan terakhir, The Lilywhites sudah kebobolan enam kali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Statistik Ole vs Jose di Manchester United

 

Jose Mourinho

50 laga terakhir di Manchester United

 

Ole Gunnar Solksjaer

50 laga pertama di Manchester United

27 Menang 24
10 Imbang 12
13 Kalah 14
76 Gol 77
51 Kebobolan 56

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Gregah Nuriksani, Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, published 4/12/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.