Sukses

Messi Rebut Ballon d'Or Keenam, Seperti Apa Suara dari Indonesia?

Minim prestasi tahun lalu, Lionel Messi masih mampu memenangkan Ballon d'Or, apa rahasianya?

Liputan6.com, Jakarta Bintang Barcelona, Lionel Messi, kembali terpilih sebagai pemenang Ballon d'Or 2019. Ini merupakan kali keenam bagi pemain yang dijuluki La Pulga itu meraih penghargaan yang sama, sekaligus menjadikannya sebagai pemain dengan gelar Ballon d'Or terbanyak. 

Sebelumnya Messi bersama pemain Juventus, Cristiano Ronaldo, sama-sama mengoleksi lima gelar Ballon d'Or. Messi akhirnya melewati pencapaian CR7 usai mengumpulkan suara terbanyak pada pemilihan tahun ini. Ronaldo sendiri harus puas berada di posisi ketiga.

Pengumuman Ballon d'Or berlangsung di Prancis, Senin (2/12/2019) waktu setempat. Penghargaan ini diberikan oleh majalah ternama France Football setelah mengumpulkan suara dari jurnalis-jurnalis olahraga dari seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. 

Messi merebut suara terbanyak dan keluar sebagai pemenang dengan 686 poin. Sementara posisi kedua ditempati oleh bek Liverpool, Virgil Van Dijk dengan perolehan 679 poin. Sedangkan Cristiano Ronaldo harus puas finis di posisi ketiga usai merebut 476 poin. 

Pada pemilihan Ballon d'Or tahun ini, Indonesia masih diwakili oleh wartawan Koran Tempo, Nurdin Saleh. Setiap peserta telah mendapat kesempatan untuk mengurutkan lima nama.  

Lalu seperti apa pilihan wakil Indonesia pada Ballon d'Or musim ini? AS telah mengunggah rekap dari pilihan masing-masing peserta. Selengkapnya simak di halaman berikut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Suara dari Indonesia?

Dalam menentukan pemenang Ballon d'Or, majalah France Football selaku penyelenggara melibatkan jurnalis dari 176 negara. Mereka lalu diminta untuk mengurutkan lima nama dari 30 finalis yang ada. Poin para pemain kemudian ditentukan lewat urutan pilihan voters.

Urutan pertama mendapat poin tertinggi, yakni 5 poin lalu berkurang sesuai urutannya. 

Menurut laporan AS, Nurdin Saleh, menempatkan Lionel Messi sebagai urutan teratas pilihannya. Sedangkan posisi kedua ditempati Van Dijk lalu diikuti Cristiano Ronaldo di posisi ketiga. Sementara urutan keempat dan kelima ditempati Mohamed Salah dan Sadio Mane.

3 dari 3 halaman

Bagaimana Messi Menang?

Sebenarnya banyak yang terkejut dengan kemenangan Messi. Sebab pada musim lalu, pemain asal Argentina itu tidak terlalu cemerlang. Satu-satunya gelar bergengsi yang berhasil diraih Messi bersama klub Barcelona, hanyalah La Liga 2018/19. Sedangkan bersama timnas Argentia, Lionel Messi belum juga berhasil mengangkat satu trofi pun. 

Perjalanan Van Dijk boleh dikatakan lebih kinclong dari Messi. Dia berhasil membawa Liverpool menjuarai Liga Champions. Sedangkan Ronaldo meraih juga dua gelar bergengsi yakni juara Serie A bersama Juventus dan UEFA Nations League di timnas Portugal.

Namun tetap saja, pemenang Ballon d'Or ditentukan lewat voting. Dan bukan rahasia lagi bila penilaian masing-masing pemilik suara bisa berbeda antara satu dengan yang lain. 

Menurut Indpendent, Van Dijk unggul di Asia dan Eropa. Sementara Messi mendominasi Afrika, Amerika Utara, Selatan, dan Oceania. Sementara Afrika lebih tertarik kepada Mane ketimbang Virgil dan menempatkannya di posisi kedua setelah Lionel Messi. 

Inilah yang membuat Messi akhirnya unggul 16 suara dari Van Dijk dan mengantarnya sebagai pemenang. Bila saja, wakil-wakil Afrika menempatkan Van Dijk di atas posisi Mane, bukan tidak mungkin bek Liverpool itu mampu merebut gelar Ballon d'Or tahun ini. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.