Sukses

Lionel Messi Bikin Barcelona Ungguli Trofi Ballon d'Or Real Madrid

Berkat torehan enam trofi Ballon d'Or yang diraih Lionel Messi, Barcelona kini berhasil mengungguli Real Madrid. Berapa banyak keunggulan Barcelona?

Liputan6.com, Paris- Lionel Messi kembali membuat Barcelona bangga berkat torehan Ballon d'Or keenam yang diraihnya, Selasa (3/12/2019). Berkat Ballon d'Or keenam ini, Barcelona kini berhasil ungguli jumlah trofi Real Madrid.

Ballon d'Or pertama kali digelar pada 1956. Saat itu, yang menjadi pemenang yakni pemain asal Inggris, Stanley Matthews. Dia mengalahkan dua bintang Real Madrid, Alfred Di Stefano dan Raymond Kopa.

Ballon d'Or terus bergelar, meskipun sempat berubah format saat bekerja sama dengan FIFA. Pada edisi 2019, Lionel Messi menjadi pemenang. Messi mengalahkan Virgil van Dijk dan Cristiano Ronaldo.

Lionel Messi menjadi pemain paling banyak mendapat gelar Ballon d'Or, enam kali. La Pulga unggul dari Cristiano Ronaldo yang mendapat lima gelar Ballon d'Or. Lalu, bagaimana di level klub?

 

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Barcelona Paling Banyak Raih Ballon d'Or

Hingga edisi 2019, Barcelona menjadi tim dengan raihan gelar Ballon d'Or paling banyak. Tercatat, ada 12 pemain Barcelona yang pernah meraih Ballon d'Or. Separuhnya diraih Lionel Messi.

Barcelona pertama kali meraih Ballon d'Or pada 1960. Saat itu, Luis Suarez Miramontes mengalahkan Ferenc Puskas [Real Madrid] dan Uwe Seeler [Hamburg]. Setelah itu, Barcelona harus menunggu lama untuk kembali meraih Ballo d'Or.

Johan Cruyff meraih Ballon d'Or pada 1973. Lalu, ada nama Hristo Stoichkov yang meraih Ballon d'Or edisi 1994.

Dua pemain Brasil, Rivaldo dan Ronaldinho turut menyumbang gelar Ballon d'Or untuk Barcelona. Kedua pemain meraihnya pada 1999, dan 2005. Sebelumnya, ada Ronaldo yang meraih Ballon d'Or 1997, tetapi hanya separuh musim bermain di Barcelona.

Setelah itu, giliran Lionel Messi meraih enam gelar Ballon d'Or.

 

3 dari 3 halaman

Real Madrid Raih 11 Ballon d'Or

Real Madrid menjadi tim kedua dengan perolehan gelar Ballon d'Or paling banyak setelah Barcelona. Los Blancos telah meraih 11 gelar, Cristiano Ronaldo menjadi penyumbang gelar paling banyak yakni empat kali.

Alfredo Di Stefano meraih dua gelar Ballon d'Or di Real Madrid yakni pada 1957 dan 1959. Lalu, ada nama Raymond Kopa, Luis Figo, Fabio Cannavaro, Cristiano Ronaldo, dan Luka Modric yang membawa Ballon d'Or ke Bernabeu.

Sebagai catatan, ada beberapa pemain lain yang pernah meraih Ballon d'Or di Barcelona dan Real Madrid, tetapi,= mereka tidak membela klub secara penuh. Kasus ini terjadi pada Ronaldo Nazario [1997 - Inter Milan dan Barcelona], Luis Figo [2000 - Barcelona dan Real Madrid] dan Cannavaro [2006 - Real Madrid dan Juventus].

Sumber: Marca

Disadur dari Bola.net (Asad Arifin, published 3/12/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.