Shin Tae-yong Lebih Siap Latih Timnas Indonesia ketimbang Luis Milla

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 30 Nov 2019, 16:30 WIB
Diperbarui 30 Nov 2019, 16:30 WIB
PSSI Ketemu Luis Milla
Perbesar
Mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, usai bertemu dengan PSSI di New World Manila Bay Hotel, Jumat malam (29/11). Pelatih asal Spanyol itu memberikan presentasi tentang rencananya untuk Timnas Indonesia. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Liputan6.com, Manila - Dua calon pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla dan Shin Tae-yong sudah presentasi visi serta misi mereka di hadapan PSSI. Kedua calon pelatih Timnas Indonesia itu memberikan presentasi di tempat yang berbeda.

Shin Tae-yong lebih dulu memberikan presentasi. Pelatih asal Korea Selatan itu mempresentasikan kerjanya untuk Timnas Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (19/11/2019).

Sedangkan Luis Milla menggelar presentasinya di Manila, Filipina, pada Jumat (29/11/2019). Mereka memaparkannya di hadapan wakil ketua umum PSSI, Cucu Somantri.

Menjadi orang yang ditunjuk sebagai orang yang memperhatikan calon pelatih Timnas Indonesia, Cucu Somantri punya pandangannya tersendiri.

"Saya melihat Shin Tae-yong lebih siap. Kalau Luis Milla agak ragu-ragu, padahal Shin Tae-yong belum pernah menangani timnas Indonesia," ujar Cucu, seperti dikutip dari Antara.

2 dari 4 halaman

Minta Luis Milla Tak Cari Kambing Hitam

PSSI Ketemu Luis Milla
Perbesar
Mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, usai bertemu dengan PSSI di New World Manila Bay Hotel, Jumat malam (29/11). Pelatih asal Spanyol itu memberikan presentasi tentang rencananya untuk Timnas Indonesia. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Lebih lanjut, Cucu juga memperingatkan Luis Milla agar tidak lagi mencari-cari kambing hitam seandainya pelatih asal Spanyol itu gagal lagi jika terpilih menjadi juru taktik tim nasional Indonesia.

"Jangan begitu gagal, mencari kambing hitam. Seperti dahulu, kalau tidak salah, dia sempat menyalahkan Ketua Umum PSSI sebelumnya, Pak Edy Rahmayadi," ujarnya. Menurut PSSI, sikap tuduh-menuduh seperti itu tidak mencerminkan seorang profesional. Milla pun diharapkan menjaga sikapnya kalau kembali ke skuat Garuda.

"Milla harus bisa mempertanggungjawabkan semuanya sendiri. Jangan nanti kalau kalah bilang liganya, kompetisinya kurang bagus. Lalu kalau berhasil, mengeklaim. Jika ada kekurangan, kan, kami akan selalu memberi dukungan," tutur Cucu.

3 dari 4 halaman

Luis Milla Ingin Profesional

Menanggapi hubungannya yang sempat renggang dengan PSSI, Luis Milla menegaskan bahwa semuanya kini sudah baik-baik saja. Milla sudah memaafkan dan melupakan semua hal negatif yang pernah terjadi antara dirinya dan PSSI.

"Sekarang saya dan PSSI sudah kembali berhubungan baik dan menjalin komunikasi. Yang penting, kalau saya kembali ke timnas Indonesia, saya akan melanjutkan ide-ide sepak bola yang sempat tertunda," kata Milla.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓