PSSI Minta Tak Disalahkan Luis Milla jika Gagal Lagi Bersama Timnas Indonesia

Oleh Windi.Wicaksono pada 30 Nov 2019, 11:45 WIB
Diperbarui 30 Nov 2019, 11:45 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan
Perbesar
Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Cucu Somantri. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Manila - PSSI memberi peringatan kepada Luis Milla apabila dia nanti kembali menangani Timnas Indonesia. PSSI tidak ingin dijadikan kambing hitam Luis Milla apabila kembali gagal berprestasi.

Menurut Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri, Luis Milla akan selalu mendapat dukungan dari organisasi sepak bola tanah air. Dia meminta pelatih berpaspor Spanyol itu mengevaluasi diri sendiri.

"Jangan begitu gagal, mencari kambing hitam. Seperti dahulu, kalau tidak salah, dia sempat menyalahkan Ketua Umum PSSI sebelumnya, Pak Edy Rahmayadi," kata Cucu Somantri di Manila, seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, Luis Milla sempat menuding pengurus PSSI tidak profesional ketika dirinya pamit sebagai pelatih timnas Indonesia U-23 dan senior Indonesia. Saat itu, jabatan Ketua Umum PSSI masih dipegang Edy Rahmayadi.

Lewat unggahannya di akun media sosial Instagram pribadinya pada 21 Oktober 2018, Milla menulis, "Hari ini bukan hari yang mudah untuk saya karena tidak lagi melanjutkan karier melatih di Indonesia. Proyek satu setengah tahun ini sudah berakhir. Terlepas dari manajemen yang buruk, pelanggaran kontrak yang terus terjadi dan ketidakprofesionalan para pemimpin selama 10 bulan terakhir, saya merasa sudah melakukan pekerjaan dengan baik."

PSSI berpendapat, sikap menuduh seperti yang ditunjukkan Luis Milla sebelumnya tidak mencerminkan pelatih profesional. Luis Millan diharapkan lebih menjaga sikap apabila nanti benar-benar menangani Timnas Indonesia lagi.

 

2 dari 3 halaman

Harus Tanggung Jawab

PSSI Ketemu Luis Milla
Perbesar
Mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, usai bertemu dengan PSSI di New World Manila Bay Hotel, Jumat malam (29/11). Pelatih asal Spanyol itu memberikan presentasi tentang rencananya untuk Timnas Indonesia. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

"Luis Milla harus bisa mempertanggungjawabkan semuanya sendiri. Jangan nanti kalau kalah bilang liganya, kompetisinya kurang bagus. Lalu kalau berhasil, mengklaim. Jika ada kekurangan, kan, kami akan selalu memberi dukungan," papar Cucu.

Sementara itu, Luis Milla sendiri menegaskan hubungan dia dengan PSSI baik-baik saja, walau sempat renggang di masa lalu. Mantan pemain Barcelona dan Real Madrid ini telah melupakan semua hal negatif antara dirinya dengan PSSI.

3 dari 3 halaman

Hubungan Baik

"Sekarang saya dan PSSI sudah kembali berhubungan baik dan menjalin komunikasi. Yang penting, kalau saya kembali ke timnas Indonesia, saya akan melanjutkan ide-ide sepak bola yang sempat tertunda," terang Luis Milla.

Selain Luis Milla, Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Selatan, merupakan kandidat pelatih kepala timnas Indonesia untuk menggantikan Simon McMenemy yang dipecat. Luis Milla datang ke Filipina didampingi asistennya, Eduardo Perez pada Jumat (29/11/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by