Valentino Rossi Isi Liburan dengan Gelar Balapan La 100km dei Campioni

Oleh Liputan6.com pada 30 Nov 2019, 14:10 WIB
Diperbarui 30 Nov 2019, 15:16 WIB
Valentino Rossi

Liputan6.com, Tuvulia- Pebalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi tahu betul apa yang harus dilakukannya saat liburan. Alih-alih bersantai ria, Rossi masih saja sibuk dengan urusan balapan.

Kali ini, dia kembali menggelar ajang balap La 100km dei Campioni. Balapan yang memasuki edisi kelima ini pun akan digelar di flat track pribadi Valentino Rossi, Motor Ranch, Tavullia, Italia, 30 November-1 Desember.

Sesi 'Americana' akan digelar terlebih dahulu pada Sabtu (30/11/2019). Sesi ini merupakan sesi yang cukup krusial karena merupakan babak eliminasi yang dilakukan lewat latihan bebas dan bakal menentukan posisi start untuk balapan pada Minggu (1/12/2019).

'Americana' biasanya dimulai saat matahari mulai terbenam, ketika lintasan 'Biscia' di Motor Ranch mulai diterangi oleh lampu-lampu trek. Akan ada dua 'heat', dengan dua rider terbuncit di eliminasi di setiap sesi, dan empat terbaik akan saling mengalahkan dalam tiga lap.

Balapan La 100km dei Campioni garapan Valentino Rossi pun akan digelar keesokan harinya, dan sesi ini akan berjalan selama 50 lap. Setiap lima lap, pebalap akan menyerahkan transpondernya kepada sang tandem.

2 dari 3 halaman

Bakal Manjakan Penggemar

Valentino Rossi
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. (AFP/Jose Jordan)

Balapan kali ini pun akan kembali disiarkan langsung oleh Sky Sport, terbuka untuk media massa yang ingin meliput, dan tiket dan tempat untuk para penggemar yang ingin menonton pun akan bakal disediakan.

Layaknya balapan profesional di mana pun, lagu kebangsaan Italia pun akan dinyanyikan dalam gelaran ini. Uniknya, adik Rossi, Clara Rossi lah yang biasanya memimpin prosesi ini.

Sayangnya, Rossi belum juga mengumumkan siapa saja pebalap yang akan turun dalam balapan ini. Biasanya, ia mengundang beberapa rider dari MotoGP, Moto2, Moto3, WorldSBK, VR46 Riders Academy, dan para pebalap motor dari berbagai disiplin lainnya.

Berikut juara La 100km dei Campioni dari tahun ke tahun.

2014: Nicolo Bulega - Lorenzo Baldassarri

2016: Valentino Rossi - Luca Marini

2017: Franco Morbidelli - Mattia Pasini

2018: Valentino Rossi - Franco Morbidelli

Disadur dari Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 29/11/2019)

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓