Operasi Bahu Marc Marquez Sukses, Tes MotoGP di Sepang Tak Akan Terganggu

Oleh Liputan6.com pada 28 Nov 2019, 14:10 WIB
Diperbarui 28 Nov 2019, 14:10 WIB
PHOTO: Finis di Urutan Ketiga, Marquez Sabet Juara Dunia MotoGP 2017
Perbesar
Pembalap Spanyol Repsol Honda, Marc Marquez . (AFP PHOTO / Jose Jordan)

Liputan6.com, Barcelona- Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez berhasil menjalani operasi di bahu kanannya. Operasi dilakukan di Rumah Sakit Universitari Dexeus-Quiron, Barcelona, Spanyol, pada Rabu (27/11/2019). Demikian yang dinyatakan Honda Racing Corporation (HRC) lewat rilis resmi tim.

Marquez diketahui mengalami masalah bahu kanan sebelum tiba di Motegi, Jepang, pada Oktober lalu. Bahu ini mengalami dislokasi parsial usai ia terjatuh keras di Tikungan 2 dalam sesi Kualifikasi (Q2) MotoGP Malaysia, saat mencoba membuntuti Fabio Quartararo.

Bahunya kembali mengalami dislokasi parsial usai kecelakaan hebat di Tikungan 13 dalam uji coba pascamusim di Jerez, Spanyol, pada Senin (25/11/2019). Demi menghindari situasi yang lebih buruk, Marquez dan tim dokter pun memutuskan segera menjalankan operasi.

Operasi ini pun dijalankan oleh dr. Xavier Mir, dr. Victor Marlet, dr. Teresa Marlet, yang semuanya merupakan bagian dari ICATME, atau Institue Pengobatan Traumatologi dan Olahraga Catalunya.

Menurut rilis HRC, operasi untuk Marquez ini dijalankan dengan metode yang mirip dengan metode yang dilakukan tim dokter dalam operasi bahu kirinya pada awal Desember 2018, yakni bahu yang mengalami cedera dislokasi sejak pertengahan 2014.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Rawat Inap Selama 48 Jam

Marquez pun akan menjalani rawat inap di rumah sakit dan diobservasi oleh tim dokter selama 48 jam setelah operasi, dan setelahnya akan diperbolehkan pulang untuk menjalani proses pemulihan di Cervera, Spanyol.

Delapan kali juara dunia ini pun diperkirakan bakal cukup fit untuk kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim MotoGP Sepang, Malaysia, pada 7-9 Februari mendatang.

Disadur dari Bola.net (Anindhya Anartikanya, published 28/11/2019)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Video

Lanjutkan Membaca ↓