Sukses

SEA Games 2019: Presiden Jokowi Akan Lepas Kontingen Indonesia di Istana Bogor

Kekuatan atlet Indonesia pada SEA Games 2019 Filipina adalah 841 atlet. Hanya tidak semua atlet mengikuti pengukuhan dan pelepasan oleh Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan melepas kontingen besar Indonesia yang akan berlaga di SEA Games 2019 Filipina di Istana Bogor, Rabu (27/11/2019). Pesta olahraga Asia Tenggara itu akan berlangsung 30 November hingga 11 Desember 2019.

Namun sebelum dilepas Presiden Jokowi, kontingen besar Indonesia untuk SEA Games 2019 akan terlebih dahulu dikukuhkan Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. Pengukuhan dilakukan di Gedung Serbaguna Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

Pengukuhan akan dimulai pukul 09.30 WIB. Peserta pengukuhan adalah atlet, pelatih, hingga ofisial dari masing-masing cabang olahraga yang dikirim ke Filipina.

Pada kejuaraan dua tahunan ini, Indonesia turun di 51 dari 56 cabang olahraga yang dipertandingkan. Kekuatan atlet Indonesia pada SEA Games 2019 adalah 841 atlet. Hanya tidak semua atlet mengikuti pengukuhan dan pelepasan oleh Presiden Jokowi.

Ada beberapa pertimbangan mengapa tidak semua atlet dikukuhkan dan dilepas oleh Presiden Jokowi. Karena, beberapa cabang olahraga atletnya sudah berangkat terlebih dahulu ke Filipina, seperti sepak bola floorball, polo, hingga polo air.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelepasan

Pada pengukuhan, Sekjen NOC Indonesia bakal Ferry Kono membacakan Surat Keputusan SEA Games 2019 disusul laporan kesiapan tim Komandan Kontingen (CdM) Indonesia, Hari Warganegara. Kegiatan tersebut rencananya juga dihadiri Menpora Zainudin Amali.

Dua atlet, yaitu Hanifan Yudani Kusuma yang merupakan atlet putra pencak silat peraih medali emas Asian Games G 2018 Jakarta Palembang dan Defia Rosmaniar (atlet putri taekwondo peraih medali emas Asian Games 2018) bakal membacakan Tekad Atlet.

Setelah pengukuhan oleh NOC Indonesia selesai, kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 bakal bertolak menuju Istana Bogor secara bersamaan guna dilepas secara langsung oleh Presiden Jokowi. Pelepasan sendiri dijadwalkan pukul 14.30 WIB sampai selesai.

Sumber: Antara

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.