Sukses

Pacquiao Didaulat Menyalakan Api Kaldron SEA Games 2019

Petinju Filipina, Manny Pacquiao, dikabarkan bakal menyalakan kaldron utama pada upacara pembukaan SEA Games 2019.

Manila - Manny Pacquiao mendapat tugas kehormatan pada acara pembukaan SEA GAmes 2019. Seperti dilansir Philstar, Pacquiao bakal didaulat menyalakan api pada kaldron utama. 

Manny Pacquiao, seperti dikabarkan Philstar, Jumat (22/11/2019), bakal menjadi menyalakan kaldron utama pada upacara pembukaan SEA Games 2019. 

Selain Pacquiao, panitia penyelenggara SEA games 2019 (PHISGOC), sudah menyiapkan atlet-atlet untuk terlibat dalam upacara pembukaan, terutama sesi penyalaan api

Sebelumnya, pesenam muda Filipina, Carlos Yulo, dikabarkan akan menjadi penyala api kaldron tersebut. Rencananya, Yulo akan membawa api tersebut untuk kemudian diserahkan kepada Pacquiao.

Carlos Yulo nantinya akan dibantu enam atlet lainnya yang akan membawa bendera pada upacara pembukaan. Mereka adalah atlet angkat berat peraih medali emas Asian Games 2019, Hidilyn Diaz, petinju wanita juara dunia Nesthy Petecio, dan juara Asia lompat galah, EJ Obiena.

Selain itu, ada pula Margielyn Didal (skateboard), judoka Kiyomi Watanabe dan peraih medali perak juara dunia Eumir Marcial (tinju).

Kepastian keterlibatan Pacquiao dikonfirmasi oleh staf media petinju yang menjadi ikon olahraga Filipina itu.

"Senator adalah sosok yang mampu memberikan dukungan moral pada atlet Filipina. Dia adalah inspirasi semua atlet. Dia sudah mengonfirmasi untuk berpartisipasi di SEA Games," demikian keterangan staf media Pacquiao, Rene Casibang, dikutip dari Manila Times.

Ini bukan kali pertama Pacquiao menjadi wakil Filipina dalam upacara ajang olahraga internasional. Pada Olimpiade Beijing 2008, Pacquiao adalah pembawa bendera kontingen Filipina.

Upacara pembukaan SEA Games 2019 akan digelar di Philipine Arena, Bulacan. Ini merupakan stadion indoor terbesar di Filipina saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibuka Presiden Duterte

SEA Games 2019 rencananya akan dibuka secara langsung oleh Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Upacara pembukaan akan berlangsung di Philippine Arena, Sabtu (30/11/2019).

SEA Games Filipina akan melombakan 529 nomor dari 56 cabang olahraga. Venue-venue pertandingan tersebar dalam 15 kota di seluruh Filipina.

 

Sumber: Philstar, Manila Times

Disadur dari Bola.com (Penulis Wiwig Prayugi, Editor Rizki Hidayat, published 25/11/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.