Gaji Alexis yang Ditanggung MU Melebihi Bayaran Seluruh Skuat Sheffield United

Oleh Yus Mei Sawitri pada 25 Nov 2019, 12:30 WIB
Diperbarui 27 Nov 2019, 10:13 WIB
Inter Milan Bungkam Lazio di San Siro

Manchester - BpmberManchester United (MU), Alexis Sanchez, sedang menjalani masa peminjaman selama semusim di klub raksasa Italia, Inter Milan. Ironisnya, gaji sang pemain yang harus ditanggung MU, masih lebih besar daripada bayaran seluruh pemain Sheffield United. 

Seperti dilansir Sportbible, Inter Milan hanya membayar gaji Sanchez senilai 4,5 juta pounds (Rp81,3 miliar)  per tahun. Padahal gaji pemain Chile itu mencapai 21 juta pounds (Rp379,5 miliar) per tahun. 

Artinya, MU masih harus membayar gaji Sanchez senilai 16,5 juta pounds (Rp296,4 miliar) per tahun. Padahal gaji keseluruhan pemain Sheffield hanya mencapai 14 juta pounds per tahun. 

Sanzhez merupakan salah satu pembelian terburuk MU dalam beberapa tahun terakhir. Setan Merah menggaet Sanchez dengan banderol mencapai 35 juta pounds (Rp632,6 miliar). Transfer itu juga melibatkan pertukaran pemain, yaitu perpindahan Henrikh Mkhytarian dari MU ke Arsenal. 

Namun, Sanchez tak pernah bisa beradaptasi dengan baik di Old Trafford. Dia hanya mencetak lima gol 45 penampilan bersama MU. Kinerja Sanchez itu sangat ironis karena dirinya menerima gaji besar di MU. 

MU sebenarnya sangat ingin menjual Alexis Sanchez secara permanen pada musim panas 2019. Namun, MU kesulitan menemukan klub pembeli Sanchez. Faktor penghalangnya adalah gaji Sanchez yang sangat tinggi.  Meminjamkan sang striker ke Inter Milan adalah opsi terbaik. 

 

2 of 2

Aktivitas di Bursa Transfer

Sheffield United vs Arsenal (OLI SCARFF / AFP)
Pemain Sheffield United. (OLI SCARFF / AFP)

Ketimpangan faktor ekonomi antara MU dan Sheffield United juga bisa dievaluasi dari aktivitas kedua klub di bursa transfer. 

Secara keseluruhan skuat terbaik Sheffield United hanya mencapai nominal 34 juta pounds (Rp614,5 miliar). Bahkan, nilainya terpangkas menjadi setengahnya jika pembelian termahal Sheffield, Oli McBurnie, diparkir di bangku cadangan. 

Nominalnya sangat kontras dengan kondisi United. United harus merogoh kocek masing-masing senilai 80 juta pounds (Rp1,44 triliun) dan 50 juta pounds (Rp903,7 miliar) pada musim panas untuk memboyomg Harry Magueire dan Aaron Wan-Bissaka. 

Salah satu pemain kunci Sheffield pada musim ini adalah kiper Dean Henderson, yang menariknya merupakan pemain pinjaman dari Setan Merah. 

Sumber: Sportbible 

 

Lanjutkan Membaca ↓