Valentino Rossi Desak Yamaha Bikin Motor Lebih Bertenaga untuk MotoGP 2020

Oleh Defri Saefullah pada 21 Nov 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 23 Nov 2019, 13:13 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi.

Liputan6.com, Valencia- Valentino Rossi masih jauh dari kata puas dengan motor Yamaha untuk MotoGP 2020. Berdasarkan hasil tes di Valencia, Rabu (20/11/2019), Rossi hanya mampu berada di posisi ke-9 dalam hal catatan wakktu.

Valentino Rossi menilai mesin baru Yamaha YZR M1 belum gahar dan masih kalah dari Honda dan Ducati.

Motor anyar Yamaha memiliki beberapa perubahan. Diantaranya sasis dan mesin Yamaha 2020 hasil evolusi ketiga. Versi sebelumnya sudah dicoba di Brno dan Misano.

"Mesin baru itu lebih halus dibandingkan tahun lalu dan kami juga menaikkan top speed hingga level tertentu," kata Valentino Rossi seperti dikutip crash.

"Saya ingin lebih cepat di trek lurus dan motor sudah lebih baik. Tapi perbedaan dengan Ducati dan Honda masih jauh," ujarnya yang melahap 68 lap di sirkuit Ricardo Tormo.

 

2 dari 3 halaman

Jangan Menyerah

Valentino Rossi
Valentino Rossi (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Rossi berharap para teknisi dan mekanik Yamaha tidak menyerah untuk menciptakan motor dengan kekuatan lebih besar. Dia berharap motor seperti itu bisa siap sebelum tes di Sepang pada Februari 2020 nanti.

"Ini mesin versi ketiga dan mesin sudah mengalami perbaikan. Namun kami berharap Yamaha tidak menyerah karena kami butuh langkah anyar sebelum Malaysia," ujar Rossi.

"Kami sudah memiliki paket yang besar di MotoGP, tapi mesin hal yang perlu diperbaiki."

Uniknya pembalap Yamaha lain menempati posisi tiga besar di tes Valencia. Maverick Vinales puncaki catatan waktu, disusul Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

 

3 dari 3 halaman

Tes Jerez

Masih ada kesempatan bagi Rossi untuk menganalisa motornya. Para pembalap punya kesempatan untuk melakoni tes di sirkuit Jerez pekan depan.

"Ini tes penting. Soalnya Anda bisa memahami lebih baik di Jerez karena hampir sama dengan kebanyakan sirkuit di MotoGP, sedangkan Valencia itu trek kecil dan berbeda," ujar Rossi.

Lanjutkan Membaca ↓