Sukses

6 Pemain Termahal Sepanjang Sejarah di Bursa Transfer

Striker asal Brasil, Neymar menjadi pemain termahal bila dikalkulasi dari kegiatannya di bursa transfer.

Liputan6.com, Paris - Situs bursa transfer pemain, Transfermarkt merilis pemain-pemain termahal dalam sejarah sepak bola di lantai bursa transfer. Striker asal Brasil, Neymar menjadi pemain termahal bila dikalkulasi dari kegiatannya di bursa transfer.

Neymar di bursa transfer sudah menghabiskan biaya sekitar 310,2 juta euro. Biaya itu dikeluarkan oleh Barcelona dan Paris Saint-Germain (PSG) untuk mendapatkan pemain yang memulai kariernya bersama Santos.

Pemain berusia 27 tahun tersebut dibeli Barcelona dari Santos pada 1 Juli 2013. Kala itu, Los Blaugrana, sebutan Barcelona mengeluarkan mahar sebesar 88,2 juta euro.

Kemudian, Neymar dihargai PSG sebesar 222 juta euro saat dibeli Barcelona pada 3 Agustus 2017. Angka transfer Neymar secara keseluruhan bisa saja bertambah.

Pasalnya, sejak Agustus lalu, Neymar sudah berkoar bakal meninggalkan klub asal Prancis tersebut. Dia ingin kembali ke klub lamanya, Barcelona.

Lalu, siapa setelah Neymar, pemain yang memiliki nilai tinggi sepanjang sejarah bursa transfer?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo berada di posisi kedua. Pemain berusia 34 tahun tersebut memiliki total harga transfer sebanyak 230 juta euro. Dia sudah terlibat dalam tiga bursa transfer pemain.

Pemain asal Portugal itu kali pertama terlibat di bursa transfer pada 12 Agustus 2003. MU mengeluarkan 19 juta euro untuk membeli Ronaldo dari Sporting CP, klub asal Portugal.

Ronaldo juga sempat menjadi pemain termahal di dunia pada 1 Juli 2009. Ketika itu, Real Madrid membelinya dengan harga 94 juta euro dari MU.

Pada 10 Juli 2018, Ronaldo terlibat lagi di lantai transfer pemain. Kali ini, Juventus harus mengeluarkan mahar sebanyak 117 juta euro untuk membeli sang pemain dari Real Madrid.

 

3 dari 6 halaman

Romelu Lukaku

Di posisi ketiga ada striker Timnas Belgia, Romelu Lukaku. Dia memiliki total harga di bursa transfer sebanyak 203,6 juta euro. Dia berada di bawah Ronaldo setelah terlibat dalam lima bursa transfer.

Harga tertinggi Lukaku terjadi pada 10 Juli 2017. Ketika itu, dia dibeli MU dari Everton dengan mahar 84,7 juta euro.

Dua musim setelahnya, striker berusia 24 tahun tersebut kembali terlibat di bursa transfer. Lukaku dihargai 65 juta euro oleh Inter Milan dari MU.

 

4 dari 6 halaman

Alvaro Morata

Sama seperti Lukaku, Alvaro Morata juga sudah lima kali terlibat dalam bursa transfer pemain. Nilai total transfer seorang Morata yakni 179 juta euro.

Harga termahal striker asal Spanyol tersebut terjadi pada 21 Juli 2017. Ketika itu, Morata dihargai Chelsea sebesar 66 juta euto dari Real Madrid. Harga tersebut menjadikannya sebagai pemain Spanyol termahal yang pernah dibeli tim asal Inggris.

Saat ini, Morata sedang menjalani masa pinjamannya dari Chelsea bersama Atletico Madrid, Namun, pada 1 Juli 2020 nanti, Atletico Madrid harus menyerahkan uang sebanyak 56 juta euro kepada Chelsea sebagai biaya transfer.

 

5 dari 6 halaman

Angel Di Maria

Di posisi kelima ada winger PSG, Angel Di Maria. Harga totalnya di bursa transfer sama seperti Alvaro Morata, yakni 179 juta euro.

Nilai tertinggi winger asal Argentina tersebut terjadi kala dibeli MU dari Real Madrid seharga 75 juta euro. Hal tersebut terjadi pada 26 Agustus 2014.

Namun, setahun setelahnya, dia dilepas MU ke PSG seharga 63 juta euro. Dalam kariernya, pria berusia 31 tahun itu sudah terlibat dalam empat bursa transfer pemain.

 

6 dari 6 halaman

Antoine Griezmann

Antoine Griezmann, striker yang saat ini membela Barcelona, sudah terlibat di bursa transfer hingga dua kali. Total harganya sebesar 174 juta euro.

Pada 28 Juli 2014, Atletico Madrid membeli Griezmann dari klub profesional pertamanya, Real Sociedad dengan harga 54 juta euro.

Harganya pun berlipat ganda ketika Griezmann dibeli Barcelona pda 14 Juli 2019. Los Blaugrana harus merogoh kocek hingga 120 juta euro untuk membeli Griezmann dari Atletico Madrid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.