Sukses

Para Pemain Bola yang Tidak Mau Diganti saat Pertandingan

Berikut lima pemain bola yang menolak untuk diganti saat pertandingan.

Jakarta- Megabintang Barcelona, Lionel Messi, sering menjadi motor permainan dan pahlawan kemenangan bagi timnya. Sudah tak terhitung trofi yang telah disumbangkan Lionel Messi kepada Barcelona.

Tak hanya untuk klub, Messi juga meraih banyak gelar individu. Torehan enam kali gelar pemain terbaik FIFA dan lima kali Ballon d'Or menjadi bukti kualitas mumpuni La Pulga.

Namun, Lionel Messi masih meninggalkan sedikit sisi arogansi jika berada di lapangan. Ia merupakan pemain yang tidak suka diganti.

Dia pernah menolak diganti oleh Munir El Haddadi pada La Liga musim 2014. Saat itu Barcelona unggul 3-0 atas Eibar, dan Luis Enrique telah memberi tahu Messi dengan bahasa isyarat.

Namun, Lionel Messi bergeming dan malah membalas dengan memalingkan muka dan berjalan terus di lapangan. La Pulga akhirnya bermain hingga peluit pertandingan berakhir.

Namun, Lionel Messi tidak sendirian. Bola.com merangkum 5 pemain bola yang menolak diganti dikutip dari Foxsportasia, Rabu (20/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kepa Arrizabalaga

Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, pernah mendapat sorotan saat menolak diganti oleh Maurizio Sarri, pada duel di final Piala Liga kontra Manchester City, 24 Februari 2019.

Kepa saat itu tengah mendapat perawatan dan waktu tinggal beberapa menit sebelum babak tos-tosan. Kiper asal Spanyol itu akhirnya tetap berada di bawah mistar saat adu penalti. Namun, Chelsea terpaksa menerima kekalahan dengan skor 3-4.

 

3 dari 6 halaman

2. Lukasz Fabianski

Lukasz Fabianski mengalami cedera dalam pertandingan Swansea melawan Tottenham Hotspur pada 2017 setelah bertabrakan dengan Vincent Janssen pada menit ke-81. Sang pelatih, Paul Clement, meminta kiper cadangan Kristoffer Nordfeldt, untuk bersiap.

Clemet lantas memutuskan mengganti Fabianski pada menit ke-86. Papan yang mengindikasikan pergantian pemain sudah diangkat asisten wasit, namun sang kiper menolak keputusan itu. Setelah beberapa saat Fabianski bergeming, Clemet akhirnya mendatangi asisten wasit keempat dan membatalkan perubahan itu.

 

4 dari 6 halaman

3. Les Sealey

Les Sealey merupakan kiper Manchester United yang turun saat melawan Sheffield United pada final Piala Liga Inggris 1991. Ia mendapat cedera lutut pada menit ke-78.

Mereka tidak ada kiper cadangan sehingga Les Sealey menolak diganti. Ia melanjutkan pertandingan hingga peluit akhir dibunyikan. Namun, sayang Manchester United menelan kekalahan 0-1.

 

5 dari 6 halaman

4. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic menolak diganti saat AC Milan melawan Fiorentina pada Serie A 2012. AC Milan menang dengan skor 1-0 berkat gol Ibrahimovic.

Namun, kejadian menarik terjadi saat Ibrahimovic merayakan gol yang malah melukai dirinya sendiri. Ia melompat ke udara tapi jatuh dengan posisi tidak tepat. Ia kesakitan dan Allegri langsung berniat menggantinya. Ibrahimovic menolaknya dan tetap melanjutkan permainan.

 

6 dari 6 halaman

5. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo juga pernah menolak diganti saat Real Madrid bertemu Bayern Munchen pada perempat final Liga Champions 2016-2017. Saat Madrid tertinggal 1-2 dari Bayern Munchen, pada menit ke-80, Zinedine Zidane berniat mengganti Ronaldo dengan Marco Asensio.

Ronaldo tidak memperdulikan niat pelatihnya dan bersikeras bermain di lapangan. Asensio akhirnya menggantikan Karim Benzema.

Disadur dari Bola.com (Penulis Hanif Sri Yulianot/Editor Yus Mei, Published 21/11/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.