Masalah Rossi Masih Sama Hingga Seri Terakhir MotoGP 2019

Oleh Marco Tampubolon pada 18 Nov 2019, 18:25 WIB
Diperbarui 20 Nov 2019, 09:13 WIB
Valentino Rossi

Liputan6.com, Valencia - Masalah yang dihadapi Valentino Rossi tidak pernah terselesaikan hingga MotoGP 2019 berakhir. Pada seri pamungkas yang berlangsung di Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (17/11/2019), The Doctor masih mengeluh tentang hal yang sama terkait motornya. 

Pada balapan ini, Rossi hanya mampu finis di urutan kedelapan. Pembalap asal Italia itu terpaut 22 detik di belakang sang pemenang, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Hasil ini semakin melengkapi performa buruk Rossi tahun ini. The Doctor harus puas di urutan ketujuh klasemen akhir dengan koleksi 174 poin tanpa satu kemenangan pun. 

"Masalah selalu sama. Ini balapan yang sulit sebab sayangnya saya berada di situasi seperti ini bukan kali pertama tahun ini dan lebih kurang masalah selalu sama. Saya tidak punya cengkraman yang kuat di ban belakang jadi saya tidak bisa lebih cepat," katanya. 

"Tapi juga, setelah 10 lap atau kurang, setelah bagian pertama balapan saya kehilangan cengkraman pada ban belakang, sepertinya ban belakang sangat menderita," bebernya.

Menurut Rossi, masalah ini sudah muncul sejak seri Austria. Namun timnya gagal menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. "Selama musim ini saya juga melakukan beberapa balapan yang bagus,  tapi sayang sebagian besar saya tidak cukup kencang dan bermasalah, jadi kami harus melakukan lebih baik lagi tahun depan," kata Lorenzo. 

 

 

2 dari 2 halaman

Tatap Musim Depan

Valentino Rossi
Valentino Rossi (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Valentino Rossi menambahkan, banyak hal yang mereka alami sepanjang musim ini. Salah satunya terkait dengan pergantian di tim mekanik, termasuk kehadiran David Munoz. 

"Jadi dua tes ini sangat penting untuk memahami bagaimana tim ini bekerja. Dan tentu kami mengharapkan sesuatu yang baru dari Yamaha, utamanya mesin, sasis, dan ekektronik."

"Jadi mulai Selasa, kami mulai lagi dan target kami tahun depan adalah menjadi lebih kuat dan lebih kompetitif. Kondisi hari ini sangat jauh untuk balap motor. Karena hari ini lebih buruk dari kemarin," beber pembalap yang sudah meraih 7 gelar juara dunia MotoGP itu.  

Rossi juga tidak habis pikir. Sebab saat melahap 20 lap FP4, Rossi justru bisa tampil lebih baik. Padahal, dia menggunakan sepeda motor dan ban yang sama seperti saat balapan. 

"Hari ini saya lebih banyak masalah, tapi kondisi dan temperatur memang drop. Jadi ini normal. Yang tidak bisa kami mengerti adalah ketika pagi ini kami menggunakan ban yang sama dan suhu 5 derajat lebih rendah dari siang karena suhu lebih dingin, namun pagi ini saya justru lebih cepat dan punya kecepatan yang baik," beber Rossi menambahkan. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Penampakan Mobil Baru Cristiano Ronaldo Senilai Rp 145 Miliar