Sukses

Timnas Indonesia Diboikot Aliansi Suporter pada Duel Melawan Malaysia

Timnas Indonesia kehilangan dukungan saat menghadapi Malaysia pada laga Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019).

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia kehilangan dukungan saat menghadapi Malaysia pada laga Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019). Pasalnya, kelompok suporter tidak akan mendatangi stadion.

Aliansi Suporter Indonesia di Malaysia (ASIM) memboikot pertandingan sebagai tanda protes kepada PSSI.

"Sikap kami sesuai kesepakatan teman-teman saat kopi darat pertengahan bulan Oktober memutuskan tidak masuk ke tribun. Namun teman-teman akan tetap hadir di Bukit Jalil untuk menyuarakan aksi ketidakpuasan terhadap PSSI," ujar Ketua ASIM Luki Ardianto, dilansir Antara.

Ketidakpuasan ASIM merujuk pada kompetisi yang amburadul, jadwal terlalu padat, dan masih banyaknya orang lama dalam kepengurusan baru PSSI. Menurutnya, muka lama itu sudah gagal di periode sebelumnya dan mestinya mengundurkan diri dari PSSI.

"Juga persiapan Timnas Indonesia selama kualifikasi Piala Dunia ini seperti tidak serius diurusnya. Pemilihan pemain juga asal-asalan karena banyak yang tampil bagus di liga justru tidak direkrut," katanya.

Kendati memboikot, pria asal Kediri menyatakan pihaknya akan tetap membantu suporter Timnas Indonesia yang datang ke Negeri Jiran dengan melakukan koordinasi dan menyediakan sejumlah bus menuju Stadion Bukit Jalil, baik saat datang dan pulang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koordinasi dengan PDRM

Tentang kekhawatiran insiden yang tidak diinginkan, Luki menjelaskan ASIM sudah diajak koordinasi dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM) untuk pertandingan Selasa mendatang.

"Poin-poinnya di antaranya nanti suporter Indonesia akan dijadikan satu di Gate E. Gerbang dibuka jam 16:00 sehingga pendukung Indonesia bisa masuk. Suporter Indonesia setelah pertandingan tidak bisa keluar dulu, menunggu pendukung Malaysia seluruhnya pulang," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Rapor Timnas

Timnas Indonesia belum meraih poin dari empat pertandingan Grup G yang sudah dilakoni. Mereka dikalahkan Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam sehingga terdampar di dasar klasemen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.