Sukses

Balapan Pamungkas Yamaha Cup Race 2019, Penentuan di Tasikmalaya

Sebanyak 33 rider terpilih yang diseleksi dari penyelenggaran YCR 2019 di berbagai wilayah akan bersaing meraih posisi terbaik pada 3 kelas utama.

Liputan6.com, Tasikmalaya - Ajang balap motor paling lama eksis karena sudah berjalan 3 dekade, Yamaha Cup Race 2019 (YCR 2019) siap memasuki babak final di Sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya, Jawa Barat, akhir pekan ini (15-17 November).

Ini partai puncak penentuan juara umum yang akan dihadiri oleh para pembalap terbaik sebagai putra daerah dari berbagai region (Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Kalimantan)

Sebanyak 33 rider terpilih yang diseleksi dari penyelenggaran Yamaha Cup Race 2019 di berbagai wilayah akan bersaing meraih posisi terbaik pada 3 kelas utama yang sudah piawai memacu motor terfavorit Yamaha MX King 150, yaitu YCR1 (Expert), YCR2 (Novice) dan YCR3 (Rookie).

“Setelah menjalani lima seri di lima kota mulai dari Boyolali, Medan, Bangka, Sintang hingga Pangkep. Spesial pada kali ini kota Tasikmalaya mendapatkan kesempatan untuk menggelar seri pamungkas Yamaha Cup Race yang sudah 30 tahun atau 3 dekade diselenggarakan," ujar Johannes B.M Siahaan selaku Chief DDS Bandung.

"Bersama kita mengembangkan dan memajukan dunia balap, Sudah banyak pembalap muda dan yang berprestasi lahir dari Yamaha Cup Race baik di tingkat nasional maupun internasional,” katanya.

Nama-nama pebalap expert asal region Sumatera seperti Renggi Lukmana, Agus Setiawan dan Danial akan bertemu dengan petarung region Jawa (M Erfin, Syamsul Arifin dan Reza Hanum), juga dari region Sulawesi (Herman Bas, Fahnisyar Nurjabad dan Anies KS) dan region Kalimantan (Sulung Giwa, M Khafi dan Agus Setiawan). Mereka akan bertarung ketat untuk membuktikan siapa yang terbaik.

Belum lagi di level novice atau pemula dan rookie. Para pebalap muda potensial binaan Yamaha ini akan menunjukkan potensi masing-masing. Makin spesial Final Yamaha Cup Race 2019 juga menyajikan kelas YCR4, YCR5 dan YCR6 yang khusus untuk Non Finalis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tontonan Jadi Seru

Mereka yang tidak terpilih sebagai finalis YCR1, YCR2 dan YCR3 dapat bersaing pada 3 kelas tersebut. Tujuannya agar persaingan dan tontonan menjadi lebih seru dan makin atraktif. Menariknya, untuk YCR4, YCR5 dan YCR6 Non Finalis tersebut dapat diikuti para Finalis. Persaingan dijamin makin seru.

Total tersaji 14 kelas yang dilombakan dalam YCR 2019 Tasikmalaya, termasuk kategori bebek 2 tak ataupun khusus untuk mantan pembalap (Ex-Rider). Menarik dicermati kembali hadirnya kategori Aerox 155 cc Open (YCR13). Pesertanya bersifat terbuka dan pacuannya disiapkan langsung pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Bagaimanapun, ini balapan motor transimisi otomatis yang sangat dinanti-nanti. Perfoma Aerox 155 dengan dukungan tehnologi VVA (Variable Valve Actuation) serta power weight ratio tertinggi dikelasnya yang membuat tarikan motor lebih responsif akan terlihat jelas di lintasan Bukit Peusar yang teknikal.

Tidak hanya sampai disini, untuk rekan-rekan komunitas juga disiapkan kelas khusus, Sport 2 Tak 135 cc Standar Community yang disebut YCR14. Mereka dapat merasakan sensasi balapan di lintasan permanen dalam YCR 2019 Tasikmalaya dengan motor RX King yang makin melegenda.

3 dari 3 halaman

Coaching-Clinic

Pada bagian lain, ada kunjungan dari SMK (paddock tour) serta coaching-clinic yang dikhususkan untuk pembalap-pembalap muda akan dilakukan di YCR 2019 Tasikmalaya. Tidak tanggung-tanggung, langsung ditangani 3 racer terbaik nasional binaan Yamaha. Mulai Galang Hendra Pratama yang selama ini konsen di balap dunia WorldSSP300, juga Muhammad Faerozi Toreqotullah dan Anggi Setiawan yang musim ini bersaing di Asia Road Racing Championship 2019 (ARRC 2019) kelas AP250.

Untuk konten exhibition YCR 2019 Tasikmalaya, service gratis, kemudian music performance, Modern & Traditional Dance, juga games dan doorprize serta penawaran spesial di booth sponsor. Sekali lagi, jangan lewatkan momen YCR 2019 Tasikmalaya mulai Sabtu hingga Minggu ini (16-17 November).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.