Sukses

Juara Dunia MotoGP 2019 Sebut sang Adik Belum Siap Naik Kelas

Cal Crutchlow, Takaaki Nakagami, dan Alex Marquez masuk kandidat pengganti Jorge Lorenzo dalam daftar tim Repsol Honda untuk MotoGP 2020.

Liputan6.com, Valencia - Cal Crutchlow, Takaaki Nakagami, dan Alex Marquez masuk kandidat pengganti Jorge Lorenzo dalam daftar tim Repsol Honda untuk MotoGP 2020. Mendengar nama adiknya diperbincangkan, Marc Marquez angkat bicara.

Dia merasa Alex harus membuktikan terlebih dahulu kesiapan bertarung di ajang MotoGP. Caranya dengan mempertahankan gelar Moto2 yang dimenangkannya musim ini.

"Saya tidak memiliki wewenang untuk menentukan rekan setim dan saya tidak akan pernah memaksakan apa pun. Adik saya memang juara Moto2. Namun bukan tugas saya memilihnya," ujar Marquez dilansir Crash.

"Kewajiban saya adalah memberikan yang terbaik bagi tim. Seperti adik saya yang harus menunjukkan kerja keras dan layak menjadi pembalap MotoGP di masa depan," sambung sosok berusia 26 tahun tersebut.

Kecuali Zarco, mayoritas pembalap sudah memiliki kontrak hingga 2020. Artinya, Honda mesti merogoh kocek dalam-dalam jika ingin merekrut rider dari tim tertentu.

Begitu pula Alex Marquez yang baru saja meneken perjanjian baru bersama Marc VDS di akhir 2019. Jadi, kemungkinan sosok berusia 23 tahun itu akan tetap berkompetisi di Moto2 tahun depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terkejut

Marquez menilai Honda memiliki dua jalan untuk menemukan suksesor Lorenzo, yang mengakhiri kontraknya setahun lebih cepat. "Merekrut seseorang dengan pengalaman atau memberi kesempatan kepada pembalap muda. Bola kini berada di tangan Honda," ungkapnya.

Dia mengaku seluruh orang di Repsol Honda terkejut mendengar keputusan Lorenzo yang bakal gantung helm usai MotoGP Valencia akhir pekan ini. "Bahkan manajer tim Alberto (Puig) dan staff dari Jepang kaget mengetahui langkah Lorenzo," pungkas juara dunia delapan kali tersebut.

3 dari 3 halaman

Karier Lorenzo

Lorenzo memulai kariernya di balap MotoGP pada 2008. Dia tercatat lima kali menjadi juara dunia, tiga di antaranya di kelas MotoGP. Kariernya moncer saat memperkuat Yamaha pada 2008 hingga 2016.

Selama mengikuti MotoGP, Lorenzo sudah balapan sebanyak 202 kali. Dia mencatatkan 47 kemenangan, 117 podium, dan 43 pole. Lorenzo mengumpulkan 2.896 poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.