Sukses

5 Pemain dengan Kontrak Apparel Terbesar: Dari Ronaldo Hingga Ozil

Beberapa pemain top dunia mendapatkan nilai kontrak besar dari apparel. Berikut lima pemain dengan nilai kontrak apparel terbesar.

Jakarta - Apparel adalah perlengkapan yang penting di sepak bola. Tim-tim besar dunia sering kali mendapatkan kontrak yang besar untuk memenuhi kebutuhan mereka di lapangan.

Real Madrid akan menjadi klub dengan perjanjian kontrak apparel terbesar di dunia sepak bola. Klub ibukota Spanyol tersebut menjalin kerja sama dengan Adidas senilai 1,6 miliar euro (Rp25,2 triliun) selama 12 musim.

Itu berarti Real Madrid akan mengantongi 120 juta euro (Rp1,89 triliun) per musim. Kontrak ini berlaku musim depan hingga 2032.

Pada urutan kedua, sang musuh bebuyutan, Barcelona, menguntit dengan nilai kontrak bersama Nike senilai 1,122 miliar euro (Rp18,24 triliun) dari musim 2018 sampai 2028.

Namun, tidak hanya klub saja yang mendapatkan sponsor dari apparel terkenal.

Sederet pemain bintang pun mendapatkan kucuran dana karena menjadi partner mereka. Bola.com merangkum lima pemain sepak bola yang memiliki kontrak besar dengan apparel terkenal dikutip dari The Sun, Jumat (15/11/2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cristiano Ronaldo (Nike) Rp371 Miliar Per Tahun

Cristiano Ronaldo menjadi pemain bola yang memiliki kontrak termahal dengan perusahaan Apparel. Nike memberikan uang senilai 20,5 juta pounds (Rp371 miliar) per tahun.

Kontrak pemain Juventus itu terjalin seumur hidup.

3 dari 6 halaman

2. Lionel Messi (Adidas) Rp186 Miliar Per Tahun

Lionel Messi menduduki peringkat kedua pemain bola kontrak termahal dengan perusahaan apparel. Ia mendapat sponsor dari kompetitor Nike, Adidas.

Messi mendapat kucuran dana per tahun senilai 10,3 juta pounds (Rp186 miliar).

4 dari 6 halaman

3. Mario Balotelli (Puma) Rp92 Miliar Per Tahun

Striker Brescia, Mario Balotelli, menjadi pemain ketiga dengan perusahaan apparel. Ia mendapatkan kontrak 5,1 juta pounds (Rp92 miliar) per tahun dari Puma.

 

5 dari 6 halaman

4. Gareth Bale (Adidas) Rp74 Miliar Per Tahun

Gareth Bale tengah menjalani musim yang buruk bersama Real Madrid. Ia sempat ingin disingkirkan oleh sang pelatih, Zinedine Zidane, pada musim panas 2019.

Namun, upaya tersebut gagal. Bale merupakan pemain sepak bola yang menjadi propritas Adidas dari segi pemasaran. Ia mendapatkan uang senilai 4,1 juta pounds (Rp74 miliar) per tahun dari Adidas.

 

6 dari 6 halaman

5. Mesut Ozil (Adidas) Rp66 Miliar Per Tahun

Mesut Ozil menurun performanya bersama Arsenal musim ini. Namun, pemain berpaspor Jerman tersebut memiliki nilai kontrak besar dengan Adidas.

Ozil mendapat uang tunai dari kerja samanya dengan Adidas mencapai 3,7 juta pounds (Rp66 miliar) per tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.