Drama 5 Gol, Persebaya Pecundangi PSM di Batakan

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 14 Nov 2019, 17:29 WIB
Diperbarui 14 Nov 2019, 18:17 WIB
Persebaya Surabaya vs PSM Makassar

Jakarta - Persebaya Surabaya mengakhiri paceklik kemenangan tujuh laga dengan menaklukkan PSM Makassar. Pada laga tunda di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (14/11/2019), Bajul Ijo berjaya 3-2.

Pertarungan dua tim era perserikatan ini berjalan menarik sejak awal pertandingan. Persebaya mencoba untuk tampil lebih menekan, terutama berusaha memanfaatkan absennya Wiljan Pluim di lini tengah PSM Makassar.

Persebaya akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-25 lewat gol David da Silva. Mendapatkan umpan pendek dari Oktafianus Fernando, David da Silva melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti yang gagal diantisipasi oleh kiper PSM, Rivky Mokodompit.

Namun, PSM Makassar tetap bersemangat dalam memberikan perlawanan. Rizky Pellu pun membawa Juku Eja menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-38.

Sebuah tembakan keras dari luar kotak penalti dilepas Rizky Pellu ke sudut atas kiri gawang Persebaya. Bola yang sulit dijangkau oleh Miswar Saputra sempat membentur mistar dan memantul ke dalam gawang Persebaya.

Hingga 45 menit pertama berakhir, kedudukan Persebaya Surabaya dan PSM Makassar berakhir imbang 1-1.

Persebaya Surabaya kembali meraih keunggulan saat babak kedua baru berjalan enam menit. David da Silva mencetak gol keduanya dalam laga ini setelah memaksimalkan umpan panjang Aryn Williams. Kontrol bola dengan dada yang bagus dilanjutkan oleh David da Silva dengan tendangan keras yang tak mampu dihalau Rivky Mokodompit yang membuat kedudukan berubah menjadi 2-1.

2 of 3

Hukuman Penalti

Shopee Liga 1 Logo 2
Shopee Liga 1 Logo 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

PSM Makassar dihukum penalti oleh wasit pada menit ke-65. Wasit melihat Rizky Pellu dan Ezra Walian yang berdekatan tampak tersentuh bola di bagian tangan. Diogo Campos yang menjadi eksekutor mampu melakukan tugasnya dengan baik dan membawa Persebaya unggul 3-1.

Namun, PSM kembali berhasil mencetak gol yang memperkecil ketinggalan menjadi 2-3 pada menit ke-80. Striker PSM yang juga merupakan mantan pemain Persebaya di putaran pertama Liga 1 2019, Amido Balde, menjadi pencetak gol lewat tandukan kerasnya yang mengarah ke pojok bawah gawang Persebaya.

Pada menit ke-88, wasit meniup peluit tanda penalti untuk PSM Makassar. Stoper Persebaya, Andri Muladi dianggap melanggar Ferdinand Sinaga di kotak terlarang. Marc Klok yang mengambil eksekusi gagal melakukannya dengan baik karena Miswar Saputra melakukan halauan dengan baik sehingga PSM batal menyamakan kedudukan.

Hingga pertandingan berakhir, kedudukan 3-2 untuk keunggulan Persebaya tidak berubah. Dengan tambahan tiga poin ini, Bajul Ijo kini mengoleksi 35 poin dari 27 laga, jumlah yang sama dengan Bhayangkara FC. Sementara PSM Makassar tetap mengoleksi 36 poin dari 26 laga.

3 of 3

Hukuman Penalti

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Andri Muladi, Mokhamad Syaifuddin, Novan Setya Sasongko, Ruben Sanadi (belakang); Aryn Glen Williams, Misbakus Solikin, Rendi Irwan (tengah); Oktafianus Fernando, Diogo Campos, David da Silva (depan)

Pelatih: Aji Santoso

PSM Makassar (4-5-1): Rivky Mokodompit (kiper); Aaron Evans, Beny Wahyudi, Muhammad Aji Kurniawan, Munhar, Taufik Hidayat (belakang); Marc Klok, Rizky Eka Pratama, Rasyid Bakri, Rizky Pellu (tengah); Ferdinand Sinaga (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Benediktus Gerendo Pradigdo/Editor: Aning Jati, published 14/11/2019)

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by