Sukses

Bernardo Silva Kena Larangan Bermain dan Didenda Rp 905 Juta Gara-gara Cuitan di Twitter

Bernardo Silva mendapatkan sanksi berupa larangan bermain dan denda 50 ribu pounds akibat cuitan rasis kepada rekan setimnya, Benjamin Mendy.

Manchester - Istilah mulutmu harimaumu mungkin sudah berganti menjadi jarimu harimaumu. Ungkapan itu pantas disematkan kepada Bernardo Silva, tentang kelakuannya baru-baru ini.

Bernardo Silva terkena sanksi berupa larangan bermain satu kali akibat cuitannya di Twitter. Tak hanya itu, pemain Manchester City dan Timnas Portigal itu juga harus membayar denda 50 ribu pound atau sekitar Rp 905 juta.

Pada awal Oktober lalu, Bernardo Silva mengunggah cuitan di Twitter yang berisi gambar kartun berkulit hitam yang disandingkan dengan foto rekan setimnya, Benjamin Mendy, saat masih kecil.

Cuitan Bernardo Silva itu dinggap melanggar aturan karena mengandung unsur rasisme. Alhasil ia harus mendapatkan sanksi dari FA, selaku asosiasi sepak bola tertinggi di Inggris.

"Bernardo Silva diskors satu laga kompetitif, denda 50 ribu pounds, dan harus menerima penyuluhan setelah melanggar aturan E3 FA," tulis FA, seperti dilansir dari web Manchester City, Rabu (13/11/2019).

"Aktivitas media sosial gelandang Manchester City pada 22 September 2019 melanggar peraturan FA E3 (1), karena kedapatan menghina dan atau tidak pantas dan atau memperburuk keadaan."

"Hal itu merupakan pelanggaran yang buruk, yang didefinisikan dalam peraturan FA E3 (2) karena baik tersurat maupun tersirat, untuk mengaitkan ras dan atau warna kulit, dan atau asal etnis."

Akibat dari perbuatannya tersebut, Bernardo Silva harus absen saat Manchester City bersua Chelsea dalam lanjutan Premier League 2019-2002 pekan ke-13, Minggu (24/11/2019). Absennya Bernardo Silva tentunya merupakan kerugian bagi skuat Pep Guardiola itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cetak Hattrick

Pemain berusia 25 tahun itu kerap menjadi pembeda di skuat Manchester City. Pemain yang berposisi sebagai winger itu sudah mencetak lima gol musim ini.

Torehan apiknya terjadi pada pekan keenam saat tim yang bermarkas di Etihad Stadium itu menggasak Watford dengan skor 8-0. Bernardo Silva ikut menyumbang tiga gol dalam pertandingan tersebut.

Terakhir, ia melesakkan bola saat Manchester City dikalahkan Liverpool pekan lalu. Sangat disayangkan, saat The Citizens sedang mempunyai misi mengejar Liverpool di tabel klasemen Premier League, Bernardo Silva harus absen.

Saat ini, poin Manchester City terpaut sembilan angka dari The Reds yang ada di puncak klasemen. Tim asuhan Pep Guardiola tentunya tak boleh terlena jika masih ingin berhasrat meraih gelar Premier League tiga kali secara beruntun.

 

Sumber: Manchester City

Disadur dari Bola.com (Penulis Faozan Tri Nugroho / Editor Yus Mei Sawitri, Published 14/11/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.