PSSI Wawancara Pelatih Anyar Timnas Indonesia di Malaysia

Oleh Harley.Ikhsan pada 13 Nov 2019, 11:25 WIB
Diperbarui 13 Nov 2019, 11:25 WIB
Mochamad Iriawan alias Iwan Bule
Perbesar
Ketua Umum PSSI Periode 2019-2023 Mochamad Iriawan alias Iwan Bule bakal mewawancarai pelatih baru Timnas Indonesia di Malaysia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - PSSI sudah menyusun rencana untuk menemukan suksesor Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia. Mereka akan bertemu dua kandidat di Malaysia.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengungkapkan agenda bertemu Luis Milla dan Shin Tae-yong di Malaysia pada 19 November. Di hari yang sama, Timnas Indonesia bakal bertemu Negeri Jiran pada kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Bukit Jalil.

"Keduanya sudah mengonfirmasi akan datang," ujar sosok yang dikenal dengan Iwan Bule tersebut.

Kedua kandidat bakal memaparkan program di hadapan pengurus PSSI. Hasil pemaparan tersebut kemudian digunakan sebagai evaluasi untuk menentukan siapa yang cocok menangani Tim Garuda.

PSSI memutus kontrak dengan McMenemy akibat performa mengecewakan Timnas Indonesia. Dia gagal mempersembahkan poin dari empat laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Partai melawan Malaysia merupakan partai perpisahannya.

Sempat tersiar kabar McMenemy enggan berangkat ke Malaysia karena bakal dipecat. Namun, Iwan Bule membantah spekulasi tersebut.

"Mohon dikoreksi. Dia sama sekali tidak berniat mengabaikan tugasnya," papar Iwan Bule.

2 dari 3 halaman

Tugas Berat

Sepak Bola : Indonesia Vs Uni Emirat Arab
Perbesar
Luis Milla. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pelatih anyar Timnas Indonesia memiliki tugas menantang pada 2020. Dia mesti memulihkan kehormatan negara di tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Timnas juga bakal tampil di Piala AFF. Nakhoda baru pasti dibebani misi merebut gelar pertama bagi Indonesia di ajang tersebut.

3 dari 3 halaman

Kelebihan Kandidat

Kandidat pelatih Timnas Indonesia, Milla dan Shin, punya kelebihan masing-masing secara prestasi. Nama pertama pernah membawa Spanyol U-21 menjuarai Piala Eropa 2011. Pelatih berusia 53 tahun itu juga pernah membesut Indonesia pada 2017-2018.

Adapun, Shin merupakan pelatih yang membawa Korea Selatan lolos dan bermain di Piala Dunia 2018 di Rusia. Pelatih berumur 49 ini juga pernah mengantar Seongnam Ilhwa Chunma merengkuh trofi Liga Champions Asia 2010.

 

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

Lanjutkan Membaca ↓