Sukses

Prediksi Tira Persikabo Vs Persebaya: Saatnya Bangkit

Tira Persikabo belum pernah menang dalam 11 laga terakhir. Mereka akan menjamu Persebaya Surabaya.

Jakarta- Paceklik kemenangan terus dialami Tira Persikabo. Dari 11 pertandingan terakhir, armada Rahmad Darmawan ini belum bisa memetik kemenangan. Laga melawan Persebaya Surabaya pada pekan ke-27 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (9/11/2019), akan dijadikan momentum menyudahi tren negatif tersebut.

Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, menyebut Persebaya lebih diuntungkan dibanding timnya. Pasalnya, tim berjulukan Bajul Ijo itu punya istirahat yang panjang. Imbas tertundanya laga melawan PSM, skuat Persebaya 11 hari merasakan jeda pertandingan.

Adapun Tira Persikabo, hanya punya waktu istirahat enam hari setelah takluk 0-2 dari Persija Jakarta, 3 November lalu.

"Persebaya lebih diuntungkan dibandingkan kami. Pertama, dengan jeda istirahat yang panjang karena laga melawan PSM ditunda. Yang kedua, saya tidak tahu seperti apa hukuman akumulasi kartu yang mereka punya. Apakah gugur ataukah diteruskan dalam partai tunda itu. Partai tunda ini sangat menguntungkan tim itu dan menyulitkan kami," ujar pelatih yang karib dipanggil RD ini.

"Sebagai contoh, partai tunda itu jika hukuman akumulasi kartu itu tidak diberikan maka sebenarnya ada potensi mereka mendapatkan kartu ketika menghadapi PSM menjadi tidak ada. Jadi hal-hal seperti ini yang sebetulnya sangat menguntungkan tim lawan."

"Tapi, tugas saya adalah mengembalikan performa tim secara keseluruhan agar mereka bisa bangkit lagi dari situasi yang kurang baik, walaupun secara performa terus menunjukan peningkatan. Hasil menjadi tolok ukur dari suatu pertandingan. Jadi itulah yang membuat kami semua berusaha sekuat tenaga," kata RD.

Rahmad kehilangan sejumlah pemain pilar untuk melawan Persebaya seperti Manahati Lestusen dan Loris Arnaud yang cedera. Andy Setyo juga akan absen memperkuat Tira Persikabo karena dipanggil Timnas Indonesia U-22.

"Saya harap ini menjadi momentum agar pemain bisa memberikan yang terbaik pada pertandingan nanti. Dimulai dari proses awal yang baik. Kalau dimulai dari proses baik maka hasil pun akan baik. Pemain tidak boleh terbebani," jelas RD.

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pincang Saat ke Bogor, Persebaya Berharap Bawa Pulang Poin

Pertandingan ini menjadi pertemuan dua tim yang sedang krisis kemenangan. Jika Tira Persikabo sudah melewati 11 pertandingan, Persebaya masih lebih baik dengan enam laga tanpa mendapat tiga poin.

Tapi, upaya Persebaya untuk bangkit akan berat. Pasalnya, mereka datang ke markas Tira Persikabo dalam keadaan compang-camping. Tim berjulukan Bajul Ijo itu tidak membawa kekuatan penuh seperti yang sudah terjadi dalam tiga pertandingan sebelumnya.

Penjaga gawang Miswar Saputra dipastikan absen karena sakit. Kini, tersisa Imam Arief dan Abdul Rohim yang disiapkan untuk mengawal gawang dari gempuran pemain lawan.

Persebaya terancam tidak bisa menurunkan trisula andalan, yaitu David da Silva, Osvaldo Haay, dan Irfan Jaya. Khusus David, Persebaya membawa serta striker asal Brasil ini, tapi belum ada kepastian dia bisa tampil.

Osvaldo Haay masih sibuk dengan agenda pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-22 arahan Indra Sjafri. Sementara Irfan Jaya ditinggal di Surabaya karena kondisinya masih belum memungkinan untuk bertanding.

"Semua pemain dalam kondisi bagus kecuali David karena sampai hari ini David belum berkumpul dengan tim. Tapi, kami akan lihat sampai Sabtu pagi," kata Aji Santoso, pelatih Persebaya.

"Yang jelas menghadapi Tira Persikabo merupakan satu pertandingan yang cukup penting karena ini juga pertama kali saya menangani Persebaya," ucap pelatih berusia 49 tahun tersebut.

Dalam situasi sulit ini, Aji harus menjalani ujian di laga debut sebagai pelatih Persebaya. Dia wajib membawa Persebaya bangkit setelah melewati enam laga terakhir tanpa kemenangan saat ditunjuk pada Kamis (31/10/2019).

"Saya berharap pertandingan berjalan dengan baik dan kami mendapatkan poin. Saya perlu waktu lagi untuk bisa solid. Dalam beberapa hari terakhir ini, pemain sangat kondusif dan semangat cukup bagus. Kemauan pemain untuk segera bangkit juga sangat besar meski Persebaya dalam kondisi kurang ideal," ucapnya.

Belum lagi, Persebaya juga harus bertanding tanpa dukungan dari suporter fanatik, Bonek. Penyebabnya, mereka mendapat hukuman setelah kerusuhan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (29/10/2019).

 

 

 

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Tira Persikabo (4-2-3-1): Angga Saputro (kiper); Vava Mario Yagalo, Zoubairou Garba, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu (belakang); Louise Parfait, Guntur Triaji, Roni Sugeng (tengah); Wawan Febrianto, Ciro Alves, Osas Saha (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Persebaya (4-3-3): Imam Arief (kiper); Novan Setya Sasongko, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (belakang); Muhammad Hidayat, Aryn Williams, Rendi Irwan (gelandang), Elisa Basna, Diogo Campos, Oktafianus Fernando (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa / Benediktus Gerendo, Published 9/11/2019)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.